RT - readtimes.id

Edukasi Masyarakat terkait Hemofilia dan Kanker Payudara, Perhompedin Makassar dan FK Unhas Gelar Chemo 2022

Readtimes.id — Perhimpunan Hematology-Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia (Perhompedin) Cabang Makassar bekerja sama dengan Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin kembali mengadakan Chemo Update (Celebes Hematology-Medical Oncology Update). Kali ini bertempat di Lego-lego Center Point of Indonesia Makassar pada Minggu, (29/2)

Ini merupakan hari ketiga setelah sebelumnya hari pertama dan kedua dilakukan di Hotel Gammara Makassar secara hybrid.

Adapun untuk pelaksanaannya ini merupakan kali kedua setelah tahun 2018. Awalnya panitia akan melakukannya di tahun 2020 namun gagal karena terhalang oleh Covid-19.

Kegiatan ini hadir sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat awam tentang pentingnya deteksi dini pada penyakit seperti yang kemudian diterangkan oleh Ketua panitia, Dr. dr. Sahyuddin, Sp.PD-KHOM.

“ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kami di Perhompedin cabang Makassar untuk masyarakat, ” terangnya pada readtimes.id

Ada sekira 400 dokter dengan ragam spesialisasi yang terlibat dalam kegiatan ini. Dari penyakit dalam, hematologi dan onkologi juga umum.

Menurut informasi yang diterima oleh readtimes.id ke depan rencananya kegiatan ini akan dilakukan secara rutin tiap 3 bulan sekali atau 5 bulan sekali dengan tujuan agar informasi terkait deteksi dini dapat menyebar luas dan diketahui oleh masyarakat.

“Karena berdasarkan data, pasien yang melakukan pemeriksaan khususnya kanker payudara telah mengalami stadium akhir. Sehingga, upaya pencegahan dan deteksi dini diperlukan, ” tambah Sahyuddin.

Pihaknya berharap setelah berlangsungnya acara ini masyarakat
lebih paham terkait pentingnya deteksi dini sebuah penyakit seperti misalnya hemofilia dan kanker payudara yang menjadi fokus dalam Chemo 2022.

“Jangan takut untuk melaporkannya ke dokter dan jangan membuang waktu untuk mencari pengobatan alternatif yang tidak jelas dan bisa memperparah penyakit,” pungkasnya

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: