RT - readtimes.id

Smiling Depression, Depresi Tersembunyi di Balik Kebahagiaan

Readtimes.id– Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini, yaitu harus tetap pura-pura tersenyum di depan banyak orang meskipun sebenarnya sedang mengalami depresi. Kondisi tersebut dinamakan smiling depression.

Smiling depression adalah berpura-pura tersenyum dan bahagia hanya untuk menutupi depresi yang sedang dialami.

“Smiling depression bukanlah diagnosa klinis, mereka akan berusaha meyakinkan orang lain bahwa mereka sedang baik-baik saja padahal sebenarnya tidak,” jelas psikolog Irma Gustiana A. MPsi,Psikolog., CPC yang dikutip readtimes.id di instagramnya, Sabtu (28/05).

Harus disadari bahwa depresi yang mempengaruhi seseorang akan berbeda, serta gejalanya juga akan berbeda-beda. Namun, yang paling menonjol dari gejala depresi adalah kesedihan yang lama dan berkepanjangan.

Tentunya gejala smiling depression sama dengan gejala depresi pada umumnya yakin perubahan nafsu makan, cepat lelah, perasaan yang putus asa, kurang harga diri, serta kehilangan selera untuk bersenang-senang dan menikmati hidup.

“Biasanya, yang terlihat dari luar belum tentu seperti apa yang dirasakan,” ujar Psikolog Irma.

Orang yang menderita smiling depression akan dianggap seperti sedang baik-baik saja dan tidak terjadi apa-apa. Tak hanya itu, dia juga akan terlihat seperti individu yang aktif, memiliki pekerjaan tetap, hubungan keluarga yang sehat dan harmonis karena sangat tampak ceria.

Seseorang menyembunyikan depresinya bukan karena tanpa alasan, biasanya ada empat alasan paling umum mengapa seseorang menyembunyikan depresinya.

Yang pertama adalah ia akan merasa bahwa menunjukkan tanda depresi berarti suatu kelemahan. Kedua, ia akan merasa bahwa dirinya akan membebani seseorang. Ketiga, biasanya seseorang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami depresi karena merasa baik-baik saja. Dan terakhir adalah ia takut akan penolakan dari orang lain ketiak menjelaskan kondisinya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi smiling depression ini jika hal tersebut terjadi pada diri kita sendiri?

Yang harus kamu lakukan adalah mengakui dan menerima keadaan diri sendiri bahwa depresi bukanlah suatu kelemahan. Lalu, ceritakan kondisimu pada orang terdekat, cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri, belajar mengelola emosi dengan manajemen stres, atau temui dokter untuk melakukan konsultasi.

Depresi adalah suatu kondisi yang harus dicegah, karena bila dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan mental. Untuk itu, lebih sayangi diri sendiri ya?

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: