RT - readtimes.id

Mau Investasi Emas Digital? Jangan Gegabah, Simak Tips Berikut

Readtimes.id—Pesatnya perkembangan teknologi membuat kita dapat melakukan berbagai hal dengan lebih mudah, salah satunya adalah investasi secara digital yaitu investasi emas digital.

emas digital atau emas murni merupakan emas tanpa beban penyimpanan sebagai salah satu opsi investasi. Melalui emas digital, masyarakat tidak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat memiliki instrumen investasi beresiko rendah itu. 

Untuk masyarakat yang berminat melakukan investasi emas digital, Co-Founder dan CMO IndoGold Indra Sjuriah mengatakan, pilihan ini sangat cocok jika ingin berinvestasi kecil-kecilan.

Masyarakat (investor) dapat berinvestasi secara rutin dengan jumlah kecil sesuai kemampuan finansial masing-masing. Selain itu, investasi emas digital lebih mudah diakses dan dipantau kapan saja dengan harga emas yang diperbarui setiap harinya

Meski demikian Indra menyampaikan agar tidak gegabah dalam berinbestasi emas digital agar memperoleh keuntungan yang maksimal sehingga dapat mencapai tujuan keuangan.

sebelum memulai investasi, sebaiknya para investor melakukan pengelolaan keuangan pribadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat memiliki cash flow yang positif.

Selain itu Para investor juga perlu menentuakan tujuan utama berinvestasi. Hal ini berguna dalam menentukan seberapa besar risiko investasi yang sanggup diambil oleh para investor dan akan menjadi kiblat selama berinvestasi.

“Cash flownya harus diatur biar tidak kelabakan nanti, terus harus tau juga tujuannya apa biar bisa menentukan periode investasi serta besaran dana yang dibutuhkan” jelasnya kepada Readtimes.id, jumat (14/1)

Selain itu, ia tidak menyarankan investasi emas digital ini digunakan untuk jangka pendek. Meskipun harga emas cenderung naik dalam kurun waktu yang panjang, namun harga emas mengalami fluktuasi dalam jangka pendek karena emas sebagai komoditas diperdagangkan.

Mengecek harga emas sangat penting untuk mengetahui harga dan informasi terkait emas yang ingin dibeli sebelum berinvestasi di dalamnya. Untuk memperoleh keuntungan maksimal, investor perlu melakukan pengecekan harga emas secara berkala.

Dari segi keamanan, investor harus memperhatikan aspek legalitas dari penyedia platfrom digital tersebut. Pemilihan platform digital yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membantu para investor untuk tetap berinvestasi dengan aman.

Meski sedang tren, ternyata baru ada dua perusahaan atau penyelenggara yang mendapatkan izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan sebagai pedagang emas digital. 

Koordinator Pemeriksa PBK Ahli Madya Bappebti Diah Sandita mengungkapkan, kedua penyelenggara tersebut ialah Treasury milik PT Indonesia Logam Pratama dan Sakumas milik PT Sehati Indonesia Sejahtera. 

“Baru dua perusahaan yang dapat izin dari Bappebti dan sekarang ada beberapa juga yang proses pengajuan di kami,” ungkapnya

Popularitas emas digital sebagai instrumen investasi baru semakin menanjak dalam beberapa tahun terakhir, sehingga melahirkan banyak perusahaan penyedia jasa investasi. 

karena Investasi emas digital perlu payung hukum, Saat ini masih ada beberapa perusahaan lain yang mengantre untuk mendapat izin dagang emas digital.

payung hukum yang dapat memberikan perlindungan dan jaminan keamanan kepada setiap investor emas digital, sekaligus sebagai bentuk kontrol dan landasan yang jelas bagi para penyedia jasa investasi.

Avatar

I Luh Devi Sania

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: