RT - readtimes.id

Membuat Pikiran Tenang dengan Metode Mindfulness

Readtimes.id– Sering kehilangan fokus dan banyak pikiran negatif bisa membuat kelelahan, cepat cemas dan berujung depresi. Hal tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan. Namun tahukah kamu, ada loh meditasi yang bisa dilakukan agar pikiran bisa tenang.

Salah satu meditasi yang baik dilakukan adalah dengan metode mindfulness. Apa sih mindfulness itu?

Mindfulness adalah sebuah upaya meningkatkan kesadaran dengan fokus pada pengalaman yang dilakukan saat ini, serta menerima sesuatu tanpa memberikan sebuah penilaian.

Psikolog Meutia Ananda SPsi MPsi Psikolog mengatakan bahwa mindfulness adalah kesadaran yang bisa membuat kamu merasa lebih baik dan fokus.

“Artinya adalah, sebuah praktek yang membuat kamu lebih fokus terhadap situasi saat ini, dan menerima situasi tersebut tanpa menghakimi. Keadaan ini membantu kamu dapat menerima dan mengatasi pikiran, perasaan, atau sensasi yang mengganggu,” jelasnya pada laman Youtube Asisya Rumah Psikologi (31/3).

Hal utama yang perlu kamu ketahui dalam meditasi mindfulness ada tiga. Pertama adalah bertindak dengan kesadaran (Acting with awareness) menyadari tindakan yang sedang kamu lakukan dengan menciptakan kesadaran disaat itu juga.

Kedua adalah observasi, yaitu mampu menyadari hal-hal yang ada dalam dirimu, seperti pemikiran, perasaan, dan sensasi tubuh. Dan ketiga adalah menerima tanpa penilaian (Accepting without judgement) atau menerima dan mengamati yang sedang kamu lakukan tanpa harus menilai sesuatu yang ada dipikiran.

Psikolog Meutia berpendapat bahwa kunci dari meditasi mindfulness adalah fokus.

“Mindfulness menuntut kita untuk lebih sadar dan fokus pada hal yang dilakukan. Lebih sadar terhadap diri sendiri membuat kita mengetahui apa yang akan dilakukan ke depannya sesuai dengan keinginan atau perasaan yang dipikirkan,” terangnya.

Nah, untuk melatih mindfulness, ada beberapa cara yang diberikan oleh Psikolog Meutia kepada para sobat Readtimes.

  1. Pernapasan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah sadar dengan pernapasan. Teknik pernapasan sadar bisa dilakukan dengan cara tarik nafas selama beberapa detik lalu menghembuskannya. Lakukan secara berulang hingga kamu merasa nyaman.

  1. Peregangan tangan

Ketika kamu merasa penat, regangkan tangan secara perlahan dan fokus pada saraf-saraf yang tertarik. Ulangi peregangan sebanyak tiga kali.

  1. Rileks

Terkadang ketika sedang istirahat kamu tidak menerapkan mindfull, banyak pikiran yang datang menghampirimu sehingga tidak fokus pada istirahat.

  1. Fokus pada objek

Contohnya seperti berfokus pada punggung tangan. Usap-usap punggung tanganmu, perhatikan kulit tanganmu, dan rasakan kehalusannya. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk mengenali diri sendiri.

  1. Kata-kata positif

Cara ini dapat dilakukan dengan berdialog bersama diri sendiri. Sampaikan kalimat-kalimat sederhana namun memiliki dampak positif bagi dirimu.

  1. Beribadah

Mindfulness terbaik dilakukan pada saat beribadah. Saat beribadah kamu akan berusaha fokus terhadap pikiran dan perasaanmu, hal itu dilakukan karena kamu memiliki fokus untuk berdialog dengan sang pencipta.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melatih mindfulness. Bagaimana, gampang kan? Selamat mencoba.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: