RT - readtimes.id

Menstruasi Tidak Teratur, Ini Penyebabnya?

Readtimes.id– Penting untuk setiap wanita mencatat siklus haid secara rutin untuk mengetahui pola haid normal. Sebab, ada beberapa siklus haid tertentu yang memang perlu diwaspadai. Kondisinya bisa berupa siklus yang memendek atau memanjang, bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali.

Menstruasi adalah proses hormonal, mulai dari organ hipotalamus mengeluarkan releasing hormon merangsang hipofisis di mana kedua organ tersebut ada di kepala. Hal inilah yang kemudian memengaruhi organ ovarium melepaskan estrogen dan progesteron sehingga pada uterus terjadi pelebaran pembuluh darah dan penebalan dinding uterus.

Siklus haid yang sehat adalah 21-35 hari dengan lama masa haid maksimal tujuh hari. Sementara dari sisi volume, banyaknya tidak lebih dari dua pembalut setiap harinya.

Haid yang tidak teratur disebabkan oleh kadar estrogen dan progesteron yang tidak seimbang. Adanya beberapa perubahan siklus hidup bisa memengaruhi keseimbangan hormon. Seperti pubertas, menopause, kehamilan, dan persalinan, serta menyusui.

Saat pubertas, tubuh mengalami perubahan besar. Estrogen dan progesteron membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mencapai keseimbangan. Efeknya, siklus menstruasi tidak teratur sering terjadi pada periode ini.

Menurut spesialis kelamin dr. Ratna Komala Dewi, SpKK, periode haid yang tidak teratur bisa berbahaya apabila berlebihan atau haid melebihi waktu normal. Dampaknya, akan menimbulkan anemia dan perlu mendapat penanganan seperti transfusi darah. Efek dari siklus tidak teratur ini adalah tidak adanya periode kesiapan uterus untuk pelekatan embrio hingga berakibat sulitnya hamil.

Selain itu, haid yang belum teratur juga disebabkan oleh organ-organ reproduksi, mulai dari  dari hipotalamus hipofisis, ovarium dan uterus yang belum matang atau sering disebut prementruasi.

“Selain faktor genetik juga banyak faktor yang mempengaruhi siklus haid tidak teratur, yaitu pola hidup yang kurang terorganisir dengan baik, pola makan yang tidak sehat, pola istirahat tidak teratur bahkan olah raga yang tidak sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Gaya  hidup sehat mungkin bisa mengatasi masalah ini. Namu,  jika teman-teman memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dan merasa khawatir akan hal ini, maka bisa berkonsultasi ke dokter. Tentunya kita akan mendapatkan penjelasan kemungkinan penyebabnya dan cara mengatasinya.

Avatar

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: