RT - readtimes.id

Sterilisasi Dapat Mencegah Over Populasi Kucing

Readtimes.id — Bagi para pecinta kucing tentu tidak asing dengan istilah sterilisasi. Ini merupakan salah satu cara yang dilakukan agar kucing peliharaannya dapat terhindar dari stres akibat birahi.

Sayangnya, terdapat beberapa pemilik kucing yang merasa bahwa sterilisasi adalah upaya yang dapat menyakiti hewan lucu tersebut, namun faktanya tidak demikian.

Justru, sterilisasi memiliki berbagai manfaat untuk kucing salah satunya adalah dapat mencegah over populasi kucing.

“Banyak kasus kucingnya kawin terus sehingga sang pemilik kelimpungan memelihara, akhirnya membuang kucing adalah solusi yang mereka lakukan,” jelas dokter hewan Atika Resty Handani pada Readtimes.id (13/06).

Selain mencegah over populasi, sterilisasi juga dapat mencegah infeksi saluran reproduksi pada kucing. Ketika kucing terlalu sering melakukan perkawinan, maka hal tersebut dapat menyebabkan infeksi saluran reproduksi.

Manfaat lain dari sterilisasi adalah kucing akan lebih stabil dalam segi emosional dan nutrisi, karena saat kucing melakukan perkawinan dan hamil, maka tentu saja membutuhkan energi dan nutrisi yang lebih.

Selain itu, sterilisasi juga dapat mencegah perkawinan satu keturunan. Karena apabila hal tersebut terjadi, keturunannya akan mengalami cacat bawaan lahir yang sulit disembuhkan.

Selanjutnya sterilisasi dapat mencegah hewan kabur dari rumah. Karena apabila tidak dilakukan sterilisasi dan terjadi birahi, maka kucing akan berusaha keluar rumah untuk mencari lawan jenis.

Jadi, sterilisasi merupakan tindakan yang dapat membuat kucing bahagia. Sehingga tidak perlu khawatir kucing akan kesakitan dan stres, justru kebanyakan kucing akan mengalami kenaikan berat badan pascasterilisasi.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

36 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: