RT - readtimes.id

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami


Readtimes.id– Komedo menjadi masalah kulit yang hampir dialami oleh semua orang, baik perempuan, laki-laki, remaja, hingga orang lanjut usia. Hal tersebut tentu saja mengganggu penampilan dan terkadang membuat kita risih. 

Komedo muncul dikarenakan menumpuknya sel kulit mati dan minyak sehingga menyumbat pori-pori kulit. Sedangkan, minyak pada kulit dihasilkan oleh kelenjar minyak atau sebum di dalam pori-pori. 

Tapi kamu tak perlu khawatir, komedo bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo dengan bahan alami.

  1.  Lidah buaya

Tanaman satu ini memiliki banyak sekali manfaat, selain menjaga kesehatan rambut, lidah buaya juga digunakan untuk perawatan kulit wajah. Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya dengan menggunakannya sebagai pelembab ataupun masker wajah.

  1. Masker tanah liat (clay mask) 

Jika kamu memiliki masalah pada kulit berminyak, masker tanah liat akan sangat cocok untukmu. Masker ini memiliki manfaat mengangkat minyak berlebih pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya komedo. Gunakan maskernya 1 hingga 2 kali seminggu secara rutin. 

  1. Masker arang

Arang atau charcoal memiliki peran mengeluarkan minyak, sel kulit mati, dan berbagai macam kotoran dari pori-pori. Dengan menggunakan arang secara rutin, wajah kamu akan nampak mulus dan terbebas dari komedo. Berbeda dengan masker tanah liat, masker arang bisa kamu gunakan seminggu sekali.

  1. Tea tree oil

Bahan ini dinilai memiliki kandungan antiradang. Berbagai produk perawatan kulit wajah pasti mengandung tea tree oil, karena dianggap dapat membunuh bakteri. 

  1. Jeruk Lemon 

Kamu bisa gunakan jeruk lemon dengan mengoleskannya di sekitar hidung yang terdapat komedo. Diamkan selama 3 – 4 menit lalu bilas dengan bersih menggunakan air dingin. 

Selain bahan alami di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah agar komedo tidak muncul kembali. Kamu bisa melakukan pencegahan seperti mencuci muka maksimal dua kali sehari, menggunakan tabir surya, dan minum air putih yang cukup.

Doc. Antara

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

5 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: