RT - readtimes.id

Cara Terbaik Memulai Puasa Media Sosial

Readtimes.id– Media sosial sudah menjadi bagian sehari-hari dari kehidupan kita, mulai dari pagi hingga malam hari. Membuka media sosial memang terasa menyenangkan dan sering dilakukan sebagai jeda dari kesibukan kerja.

Sayangnya, media sosial jika tidak digunakan secara bijak bisa menimbulkan gangguan kesehatan mental. Hubungan media sosial dengan gangguan kesehatan mental sudah lama dibicarakan dan diteliti, bagaimana hubungan kausalitas antara media sosial dengan depresi dan kesepian. Media sosial juga mengurangi waktu kerja yang optimal.

Biasanya, seseorang melakukan puasa media sosial ketika dirinya sudah memiliki kemampuan untuk mengenali diri. Pada saat seseorang menyadari bahwa dirinya mengalami dampak-dampak negatif dari media sosial, saat itulah orang kemungkinan akan melakukan puasa media sosial.

Mengurangi pemakaian media sosial tergolong agak sulit di era digital seperti ini, apalagi media sosial juga membantu kelancaran aktivitas sehari-hari misalnya mengetahui jalan yang harus dihindari ketika sedang macet atau ada aksi demonstrasi.

Dilansir dari Antara, berdasarkan pengalaman mencoba puasa medsos, ada beberapa cara yang bisa dilakukan secara bertahap jika ingin mengurangi pemakaian media sosial.

  1. Skala prioritas

Perlu mencari tahu aplikasi media sosial apa yang sering digunakan, sehingga kita bisa membuat skala prioritas misalnya aplikasi yang menunjang kegiatan sehari-hari dan aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Selain membantu mengurangi akses ke media sosial, cara ini juga bisa menghemat kapasitas ponsel.

  1. Tetapkan target

Secara bertahap, buat target mengurangi durasi mengakses media sosial jika tidak benar-benar perlu, misalnya hanya mengakses media sosial total satu jam sehari selama minggu pertama.

  1. Pasang fitur pengingat waktu

Pasang fitur pengingat waktu, aplikasi YouTube salah satu platform yang menyediakan batasan waktu. Sistem operasi Android menyediakan program Digital Wellbeing di perangkat, pengguna bisa melihat berapa lama durasi mengakses aplikasi dan dapat memasang batasan waktu yang diinginkan.

Ketika tidak ada kegiatan atau sedang menunggu, bisa kita kontrol cari kegiatan alternatif yang bisa dilakukan tanpa harus menyediakan waktu dan tempat khusus, misalnya membaca buku.

Dengan begitu memutuskan untuk sejenak berhenti main media sosial demi menjaga kesehatan mental bisa diterapkan dengan perlahan.

Tentu bukan hal mudah untuk konsisten menjalani keputusan tersebut, apalagi kita tak ingin ketinggalan informasi terkini dari kegiatan selebritas yang di-follow.

Namun, sesungguhnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari puasa medsos dan mengapa kita perlu rutin melakukannya.

Avatar

Fransiska Ignasia

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: