RT - readtimes.id

Keseringan Cegukan, Pertanda Penyakit atau Bukan?

Readtimes.id– Cegukan sering membuat orang tidak nyaman bahkan bisa menganggu aktivitas. Berbagai cara dilakukan untuk menghentikannya segera, padahal cegukan bisa sembuh setelah beberapa menit bila bukan karena masalah medis serius.

Akan tetapi, cegukan yang terus terjadi bisa menganggu kegiatan juga menyebabkan masalah lain, salah satunya dehidrasi dan berkurangnya berat badan.

Dalam beberapa kasus, seperti dilansir dari Medical News Today, Jumat (15/10) cegukan kronis ada yang berlangsung hingga sebulan atau bahkan lebih. Kasus cegukan terpanjang yang tercatat bertahan 60 tahun.

Jika cegukan berlangsung lebih lama dari 48 jam, maka penderita harus berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi mengalami kondisi medis yang serius seperti stroke dan gangguan pencernaan.
Cegukan berkepanjangan juga memicu masalah baru yakni insomnia dan depresi.

Ada juga beberapa kasus cegukan bisa dihindari, antara lain dengan mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol atau soda dan makan tidak terlalu cepat. Kalaupun terjadi, ini biasanya bukan merupakan gangguan serius dan bisa terjadi selama beberapa menit atau jam. Kondisi ini bisa pulih tanpa obat.

Nah sebelum terburu-buru mengambil obat, berikut sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk menghentikan cegukan:

  1. Pertama, berkumur menggunakan air yang sangat dingin. Kalau ini tak membantu, cobalah menahan napas sesaat lalu hembuskan dan lakukan cara ini tiga atau empat kali setiap 20 menit.
  2. Kita juga bisa menarik dan mengembuskan napas dari kantong kertas, bukan plastik. Ingat, jangan menutupi kepala dengan kantong itu. Selain itu, saat menelan, tekan hidung secara perlahan. Cara lainnya gigit lemon, atau menelan sedikit gula pasir.
  3. Jika cegukan masih terjadi, coba duduk dan peluk kedua lutut kita sedekat mungkin dengan dada selama beberapa waktu. Condongkan tubuh ke depan sehingga menekan dada dengan lembut.

Saat pertolongan ini tak membantu, kita bisa berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi ada masalah dalam kesehatan.

Avatar

Fransiska Ignasia

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: