RT - readtimes.id

Diet Ekstrim? Tetap Jaga Keceriaan Tubuhmu

Readtimes.id– Sebagian wanita rela melakukan diet demi mencapai berat badan ideal. Namun, tak sedikit di antara mereka yang salah kaprah saat diet sehingga malah membahayakan kondisi tubuhnya.

Ketika menjalankan diet, kebanyakan dari kita akan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Sedangkan pada umumnya tubuh kita membutuhkan 1.500-3.000 kalori dalam sehari. Tak jarang diet yang dilakukan bisa dikatakan ekstrem dalam segala hal, mulai dari menu, efeknya bagi tubuh, hingga penurunan berat badan yang dihasilkannya.

Keseringan diet terlalu ketat membuat kita melupakan kebahagiaan tubuh kita sendiri. Kita cenderung melupakan fungsi makanan yang sangat penting bagi tubuh. Tentunya tidak hanya dilihat dari nutrisi tapi juga untuk meningkatkan keceriaan Anda saat beraktivitas.

Makanan memiliki peranan yang besar dan penting bagi kesehatan tubuh, sehingga penataan pola makan dan bahan- bahan yang tepat membuat tubuh lebih berenergi selama menjalani hari. Dengan bahan makanan yang tepat juga, agar saat menjalani hari tubuh terasa lebih ringan dan suasana terasa lebih ceria.

Dilansir dari Antara, ahli diet dari Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Jaslok Jyoti Bhatt mengatakan, makanan itu memiliki peranan penting untuk menyeimbangkan berbagai macam perasaan.

“Ada perasaan senang, sedih, marah, depresi, hingga takut itu bisa dipengaruhi oleh makanan. Maka dari itu kami para peneliti telah mempelajari berbagai bahan makanan dan nutrisinya sehingga bisa terhubung dengan kesehatan tubuh”.

Untuk itu Readtimes.id telah merangkum beberapa informasi makanan yang bisa memberikan manfaat baik tidak hanya dari nutrisi tapi juga untuk meningkatkan keceriaan saat beraktivitas.

  1. Cokelat

Meskipun kebanyakan yang melakukan diet ketat menghindari yang manis-manis seperti cokelat. Dibanding mengonsumsi coklat yang mengandung susu, lebih disarankan memakan coklat hitam yang masih memiliki kandungan kakao yang murni. Kakao mengandung triptofan, sebuah zat yang seringkali digunakan otak untuk memproduksi hormon serotonin yang menjadi hormon kunci untuk menjaga suasana hati tetap stabil. Dengan memiliki hormon serotonin yang maksimal, tentu Anda pun bisa menjalani hari dengan lebih nyaman dan ceria.

  1. Teh Hijau

Selain memiliki manfaat mengurangi reaksi inflamasi pada tubuh, teh hijau juga bisa membantu proses menurunkan berat badan dan membantu fungsi otak lebih maksimal. Antioksidan yang ada di dalamnya berfungsi untuk terus membantu sel-sel di dalam otak menjalankan fungsinya dengan optimal pada saat dikonsumsi.

Yang juga tak kalah penting adalah harus dengan kadar sewajarnya mengkonsumsi kafein memiliki banyak manfaat, khususnya membantu tubuh melepaskan hormon dopamin yang memberikan kebahagiaan. Tapi ketika mengonsumsi kafein Anda perlu berhati- hati karena kafein juga berdampak pada fungsi tubuh lainnya seperti pada lambung atau pun pola tidur.

Dengan begitu apabila tubuh sudah mulai menunjukkan tanda-tanda yang tidak sehat, ada kemungkinan cara diet kamu salah yah. Ketika badan sudah melakukan protes dengan memberi kode seperti rambut rontok, mens nggak lancar, buang air mampet, dan gangguan lainnya kemungkinan melakukan sesuatu yang tidak benar pada tubuh kita sendiri.

Avatar

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: