RT - readtimes.id

Investasi Smelter Morowali Utara, Tenaga Kerja Lokal Diutamakan

Readtimes.id- Sulawesi Tengah sebagai tujuan investasi mempunyai tambang nikel yang sudah terkenal di mancanegara. Terdapat PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) yang terletak di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara. Investasi smelter nikel ini, di proyeksi kedepan akan menyerap 20.000 tenaga kerja.

Saat ini telah memacu penyelesaian smelter sebanyak dua unit agar dapat dioperasikan pada 2021 ini. Dalam mempercepat penyelesaiannya dibutuhkan penambahan tenaga kerja sekitar 3000 hingga 4000 tenaga kerja.

Perekrutan Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan tersebut yang lebih mengutamakan tenaga kerja lokal yang memiliki skil, menjadi prioritas masyarakat Morowali Utara dan seputaran Sulteng.  Selebihnya, untuk perekrutan di luar pulau dilakukan ketika belum tercukupi. Tenaga kerja lokal jadi prioritas dengan ketentuan sesuai dengan keahlian dan kompetensi.     

Ketua Komisi I DPRD Morowali Utara, Asral Lawahe., S.Pd mengatakan SDM untuk perusahaan dengan memberikan ruang pada masyarakat setempat, termasuk lapangan pekerjaan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.  Persiapan SDM sementara kita kembangkan di Pemerintah Morowali Utara dengan melakukan kerjasama antara pemerintah daerah, DPRD Morowali Utara, Yayasan Bina Morowali Utara, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan pihak perusahaan PT GNI.

“Kerjasama ini bertujuan untuk pengembangan SDM dan perekrutan tenaga kerja bagi pemuda Sulteng. Melanjutkan studi  di Politeknik Negeri Ujung Pandang Kota Makassar. Sehingga keahlian dan kompetensinya tidak diragukan lagi. Berharap kurang lebih 30% sampai 60% masyarakat penduduk Morowali Utara melanjutkan Pendidikan di kampus tersebut,” ujarnya kepada readtimes.id  

Kunjungan Wakil Ketua  DPRD Morwali Utara, Idham Ibrahim, M.SE dan Ketua Komisi I Morowali Utara, Asral Lawahe, S.Pd di Kampus I Politeknik Negeri Ujung Pandang, disambut baik oleh Wakil Direktur III PNUP, Prof. Ir.  Muhammad Anshar,M.Si. Membahas kerjasama perekrutan tenaga kerja dibeberapa perusahaan besar seperti PT GNI A dan B serta PT SEL, Senin , 8 Maret 2021

Melalui Kerjasama ini, nantinya akan saling menguntungkan terutama dalam merekrut tenaga lokal dari masyarakat Morowali Utara yang mempunyai potensi dan kemampuan untuk dipekerjakan di perusahaan besar yang ada di sana.  

Selain itu,  pemerintah daerah mulai memperbaiki bagaimana regulasi dalam proses perizinan oleh  perusahaan yang ingin melakukan investasi. Pemerintah daerah juga sudah mempersiapkan apa yang menjadi agenda, sehingga ada sinergitas antara pemerintah daerah dengan  para investor yang ada di daerah tersebut.  

Avatar

Ona Mariani

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: