RT - readtimes.id

Jangan Remehkan BUMDes! Omzetnya Capai Miliaran Rupiah

Readtimes.id – Seringkali banyak yang beranggapan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) adalah usaha skala kecil bahkan mikro. Jikapun ada yang sampai skala menengah, hanya pada jenis usaha tertentu. Padahal setiap desa punya potensi masing-masing dan dapat meraup omset yang tidak sedikit jika dikelola dengan baik.

Berikut ini Read Times merangkum bumdes-bumdes yang sukses meraup omzet miliaran rupiah dengan berbagai jenis usaha berbeda.

Bumdes Kerto Raharjo
Terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Bumdes ini mengelola kawasan hutan bambu seluas 36,8 hektare menjadi kaqasan wisata. Dengan modal awal saat pertama kali aktif tahun 2017 sebesar 170 juta, setahun kemudian sudah meningkat jadi 300 juta, dan di tahun 2019 Bumdes Kwrto Raharjo tak lagi berharap dana desa.

BUMDes Kerto Raharjo juga mengelola usaha lain, yakni Agen 46, PAM dan UMKM. Tahun 2018 Bumdes beromzet 2,8 miliar atau naik 1,8 miliar dari omzet 2017 sebesar Rp 994 juta. Tahun 2019 sebesar 2.7 miliar.

Bumdes Tirtonirmolo
Bumdes ini juga layak jadi percontohan. Terlektak di Kasihan, Bantul, Tirtonirmolo sudah bermozet 8.7 miliar rupiah. Bumdes ini sudah berdiri sejak tahun 1990 dengan modal awal 1 juta rupiah.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan, Bantul, layak menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Kenapa tidak, BUMDes yang berdiri sejak tahun 1990 dengan modal awal Rp 1 juta dan bantuan stimulan Rp 10 juta saat ini memiliki omzet Rp 8,7 miliar. Tirtonirmolo mengelola berbagai jenis usaha, yang paling menonjol adalah simpan pinjam.

Bumdes Tajun
Bumdes Tajun di kecamatan Kututambahan, Kabupayen buleleng ini melayani berbagai sektor seperti air bersih, simpan pinjam dan pengelolaan pasar. Dengan hanya bermodal 10 juta rupiah, kini Bumdes Tajun beromzet hingga 10 miliar rupiah.

Bumdes Binor Energi
Didirikan pada tahun 2017 silam, Bumdes Binor Energi mengelola Wisata Pantai Bohay Café & Resto di Kabupaten Probolinggo. Di tahun-tahun awal berdirinya, omzetnya baru sekitar 15 juta rupiah, dan perlahan meningkat seiring inovasi manajemennya.

Di Februari 2019 itu, omset mencapai sekitar 20 juta. Pada April, omset meningkat menjadi 75 juta. Bulan berikutnya melonjak tajam menjadi 200 juta. Pada penghujung tahun, omset menyentuh angka Rp650 juta. Sebuah peningkatan omset yang sangat drastis.

Bumdes Sumber Sejahtera
Bumdes Sumber Sejahtera terletak di Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Bumdes ini cukup menyita perhatian karena modal yang digunakan hanya puluhan juta rupiah saja ketika dibangun sekitar tahun 2015. Namun saat ini, omset yang diperoleh mencapai miliaran rupiah.

Sumber Sejahtera mengelola berbagai jenis usaha, yaitu air bersih, keuangan dengan menjadi agen 46 BNI, desa wisata, pengolahan sampah, parkir, dan pertanian.

Avatar

Ona Mariani

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: