RT - readtimes.id

Ramai Istilah Remaja Jompo, Yuk Cegah Sekarang Juga!

Readtimes.id– Sudah sering mendengar istilah remaja jompo? Ya, remaja jompo akhir-akhir ini menjadi perbincangan netizen di twitter. Sebenarnya apa sih definisi sesungguhnya dari remaja jompo?

Remaja jompo merujuk pada sebuah istilah, sehingga tidak ada definisi khusus yang diberikan. Hanya saja seperti yang kita ketahui bersama remaja adalah orang yang berusia 12 sampai 24 tahun, sementara jompo artinya tua dan memiliki fisik yang lemah. Jadi, remaja jompo adalah istilah yang diberikan kepada para remaja tapi memiliki fisik yang lemah seperti orang tua. 

Umumnya, remaja yang termasuk dalam kategori remaja jompo sering mengalami kelelahan, mudah capek, pegal-pegal, sering masuk angin, sering mengantuk, sakit punggung dan pinggang, serta merasa pusing.

Sehingga para remaja jompo tak jarang mereka akan mengoleksi berbagai macam obat-obatan seperti minyak angin, minyak kayu putih, tolak angin, balsem, dan koyo sebagai antisipasi saat merasa lelah dan pegal-pegal.

Dalam dunia medis, beberapa kondisi yang dialami oleh remaja jompo tersebut bukanlah sebuah penyakit, melainkan ada beberapa hal yang menyebabkan keluhan itu terjadi. Seperti kurangnya aktivitas fisik, jam tidur tidak teratur, kurang darah, darah rendah, merokok dan minum alkohol, serta posisi duduk yang salah. 

Saat sedang duduk, jangan lupa memperhatikan posisi duduk kamu. Sakit pinggang dan punggung akan lebih sering muncul karena faktor posisi duduk yang tidak benar. Selain itu, duduk dalam waktu yang lama tanpa diselingi peregangan akan memicu sakit pada pinggang dan punggung juga. 

Nah, agar kamu tidak termasuk kategori remaja jompo yang memiliki banyak keluhan, berikut tips yang telah dirangkum oleh Readtimes.id dan bisa kamu terapkan. 

Pertama, berolahraga dengan teratur dan konsisten seminggu 2-3 kali selama 30 menit dan menjaga pola makan dengan makan makanan yang memiliki zat besi tinggi, seperti ayam, jeroan, seafood, dan sayur hijau. 
Saat duduk, lakukan posisi ergonomis. Jangan lupa selingi dengan gerakan peregangan.

Selain itu, tetap menjaga hidrasi tubuh dengan minum minimal 8 gelas air putih sehari. Temukan aktivitas menyenangkan yang bisa menjaga pikiran tetap positif dan rileks. Dan terakhir hindari merokok serta meminum alkohol.

Umur masih muda, tapi jangan sampai tubuhmu sudah jompo duluan! Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat ya!

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: