RT - readtimes.id

Strategi Bertahan Pelaku Usaha di Tengah Gempuran Pandemi

Readtimes.id- Saat ini para pebisnis harus berjibaku di tengah pandemi Covid-19. Usaha Kecil Menengah  (UKM) pun dirangsang untuk mempercepat perkembangan kapasitas dan kapabilitas dalam menghadapi masa kenormalan baru.

UKM menjadi unsur penting untuk mendorong perekonomian nasional di masa pandemi Covid-19. Melihat situasi pandemi dan menghadapi kenormalan baru yang penuh ketidakpastian, UKM perlu digerakkan agar dapat memajukan ekonomi digital Indonesia.  

Masa pandemi, masa sulit untuk menemukan cara pemasaran yang tepat dalam menghasilkan pendapatan yang optimal. Nyatanya, sebanyak 31 persen UKM mengaku promosi yang dilakukan tidak membawa hasil optimal.

Tapi bukan UKM namanya jika tidak punya segudang ide. Salah satu pelaku usaha yang bergerak di produk skincare, Indah Meilani Andi Sigeri S.Farm melakukan berbagai cara kreatif  agar roda bisnisnya terus bergulir.  

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan saat pandemi seperti ini, kurangnya daya beli masyarakat dan banyaknya produk yang sama di pasaran, juga menjadi tantangan.

CEO Romeesa Skincare Indah Meilani Andi Sigeri mengatakan, model pemasaran selama pandemi real online dan tidak ada melakukan pelayanan Chas on Delivery (COD).  Semua via pengiriman dan jasa kurir lewat online. Selain itu, strategi yang dilakukan di masa pandemi merangkul sebaik mungkin team yang sudah terbentuk.  

“Selama masa pandemi kita juga banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti membagi hand sanitizer, saat  masa sulit mendapatkan  hand sanitizer pada waktu itu. Kita membagi ribuan di titik  tertentu kepada pihak yang aktif terjun langsung dengan masyarakat selama pandemi. Seperti titik  kepolisian, rumah sakit, puskesmas, tim gugus Covid dan lainnya ,” ujarnya kepada readtimes.id, Kamis, 28 Januari 2021.   

Menurutnya, kebutuhan kosmetik untuk kaum perempuan tidak begitu berpengaruh , yang berpengaruh itu durasi pemakaian dan pengiriman yang lama, yang tadinya sepaket bisa habis cepat , akhirnya cuztomer sedikit mengirit pemakaiannya.  

Semakin maraknya produk skincare yang bermunculan membuat masyarakat susah membedakan produk yang bagus untuk kulit mereka. Salah satu produk Skincare yang bisa  menjadi pilihan wanita Indonesia yakni Romeesa Skincare.  

Bukan hanya itu, produk Skincare sudah tersebar keseluruhan Indonesia bahkan sudah ke Negara tetangga Malaysia, Singapura, Taiwan, Bangkok, dengan pemakaian masih orang Indonesia yang menetap disana.   

Sebagai salah satu wujud apresiasi Romeesa Skincare untuk komunitasnya di hari jadinya yang pertama. Romeesa yang berarti perempuan surga tersebut memberikan reward berupa doorprize dengan hadiah utama Umroh.  Pihaknya memberikan apresiasi pada reseller yang tergabung dalam komunitas penjualan Romeesa.

Memulai bisnis  sejak 2019  lalu dan Januari ini adalah hari jadi Romeesa, sebuah pencapaian setahun di tengah masa sulit pandemi Covid-19.  Romeesa  merupakan produk perawatan kecantikan kulit untuk wanita Indonesia. Diproduksi di Tangerang dan sudah mendapat izin edar BPOM.   

Produk yang diracik oleh tim apoteker  Indah tersebut terbilang aman karena penggunanya sudah sampai ke Mancanegara, selain harganya per paket terbilang terjangkau juga cocok bagi kulit wanita Indonesia yang tinggal di daerah tropis.  

Adapun bahan dasar  produk tersebut tentunya sudah uji klinis, dibuat dan diracik di pabrik apoteker yang sudah terjamin keamanannya.   

Mengawali bisnis kecantikan selain berasal dari pendidikan Farmasi ia juga memiliki masalah pada kulit wajahnya yakni jerawat batu. Saat ini owner yang terbilang masih muda muda tersebut masih sementara proses pendidikan Apoteker dan mengambil  program  S2 Magister dibidang yang sama.  

Memilih bisnis karena selain nyambung dengan  pendidikannya  juga untuk memenuhi kebutuhan perempuan yang memiliki masalah di wajah,dimana Skincare adalah sebuah kebutuhan yang berlanjut untuk perempuan.

“Alhamdulillah banyak perempuan yang  cocok dengan Romeesa selain efeknya bagus juga mampu bersaing harga dan kita juga memberikan penghargaan berupa  pemberian apresiasi  terhadap reseller yang penjualannya mencapai target dan yang aktif memasarkan produk kita,dimana pelanggan dan penjual juga bisa berkonsultasi tentang wajahnya melalui media sosial kita,” tambahnya.  

Bentuk komunitas yang didalamnya konsumen dan penjual bisa saling bantu dan bertukar informasi seputar produk dan permasalahan wajahnya maupun bagaimana caranya menaikkan point rewardnya.  Syaratnya kumpul point. Dengan harapan kita mampu memberikan kenyamanan dan semangat pada reseller  yang tergabung dalam komunitas Romeesa Skincare.  

Mushaddiq suami dari Indah berharap di usianya yang pertama Romeesa mampu bersaing dengan produk lain, selalu semangat dalam menjual ,tetap optimis dan Romeesa semakin banyak diminati. Semoga bisa banyak membantu komunitas yang tergabung dalam menopang ekonomi keluarganya di masa pandemi seperti saat ini.   

Untuk memperoleh produk ini konsumen dapat mengakses instagram kami di @romeesaskincare.official atau ada juga diberbagai platform digital penjualan online.

Ona Mariani

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: