RT - readtimes.id

Tahun Sembuh?

Readtimes.id- Akhirnya 2021 juga sudah tiba. Tentu kita punya harapan yang sama, tahun baru ini lebih baik dari tahun kemarin. Tahun 2020 adalah tahun penuh duka bagi dunia dan hampir semua umat manusia. Waktu, ketika kenangan-kenangan setiap kita akan tahun yang berlalu, hanya berisi jumlah korban, virus, rumah, serta berbagai ketakutan akibat pandemi.

Rasanya, saya dan juga anda jika harus menulis resolusi tahun baru, hanya akan menulis satu resolusi saja, ‘Tetap Sehat Selalu’. Karena bisa bertahan hidup melalui tahun 2020 memang sudah merupakan hal yang luar biasa.

Covid -19 yang kita hadapi memang bukan sekedar menyerang urusan Kesehatan tapi lebih jauh juga melumpuhkan sektor ekonomi kita yang terpuruk dan berakhir minus. Konsekuensinya banyak pabrik-pabrik yang berhenti produksi, karena daya beli merosot tajam. pengangguran dan PHK tidak terkendali.

Bukan hanya itu, pemerintah sebagai salah satu elemen utama penggerak ekonomi dari pusat sampai daerah mesti melakukan revisi anggaran besar-besaran. Hasilnya, banyak proyek infrastruktur yang bisa mendorong perputaran uang di tengah masyarakat akhirnya tertunda terlaksana.

Kontraktor kelimpungan, pekerja kesulitan untuk mendapatkan penghasilan. Produsen barang dan suplai kebutuhan infrastruktur, sampai industri makanan terpaksa harus rugi karena roda pesanan mereka tidak bergerak. Semua sibuk pada urusan pandemi. Sektor jasa jangan ditanyakan, banyak yang gulung tikar. Karena mayoritas kita lebih fokus pada urusan kesehatan dibandingkan urusan lain.

Apalagi industri hiburan, nasib mall sampai bioskop banyak yang berakhir tragis. Begitu juga industri pariwisata dan traveling, mungkin tahun 2020 yang baru saja kita lewati adalah tahun paling kelam bagi pariwisata dan industri perjalanan kita.

Maka momentum awal tahun, sebaiknya pemerintah berfokus pada satu urusan saja di tahun 2021 yakni ‘Penyembuhan’. Pembagian Vaksin bagi seluruh rakyat secara gratis dan massal mesti segera dilaksanakan.

Begitu juga siapa dan kelompok mana yang mesti lebih dahulu mendapatkan vaksin mesti segera di putuskan, Serta yang paling utama, pemerintah dan seluruh pihak terkait, memastikan bahwa vaksin memang aman serta mampu melawan virus.

Karena sumber masalahnya ada di virus, maka urusan vaksin dahulu yang mesti diselesaikan agar semua sektor bisa ‘sembuh kembali’!

Avatar

Rahmad M. Arsyad

346 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: