RT - readtimes.id

4 Tips Membuat CV yang Menarik agar Dilirik HRD

Readtimes.id– Mencari pekerjaan saat ini sebagian besar mensyaratkan dokumen curriculum vitae (CV) dan portofolio. Kedua dokumen ini pun tak boleh asal bikin, tapi harus bisa membuat perusahaan melirik kamu.

Pertama-tama, pahami dulu bedanya CV dan portofolio. Singkatnya, CV itu berisi informasi data diri serta bersifat umum, kemudian portofolio berisi bukti apa yang telah kamu lakukan untuk menunjukkan kemampuan dan kapasitas kamu pada bidang yang dilamar.

Dikutip dari diskusi Readtimes.id bersama Jovita Jim selaku Regional People & Culture Lead Tinvio, mengatakan CV yang ideal adalah menggambarkan diri secara detail.

“CV yang baik adalah personalise, maksudnya CV itu hanya satu untuk semua tapi ada baiknya jika CV itu satu per lowongan. Karena perusahaan itu berbeda-beda dalam melihat sebuah CV. CV itu menurut saya seperti triangle, kita menyatukan diri kita, rekrutmen, dan CV itu sendiri,” tutur Jovita.

Kemudian Jovita juga mengatakan bahwa ternyata template sebuah CV itu tidak terlalu penting, tapi isi dan kata kunci yang dituliskan harus sesuai dengan posisi yang dilamar.

Lalu, apa saja sih yang membuat perusahaan tertarik dengan CV yang kita kirim? Yuk simak tips dari Jovita.

  1. Pahami isi CV terlebih dahulu

Untuk kamu para pencari kerja, ada baiknya memahami isi CV serta apa saja yang perlu di cantumkan di dalamnya. Pada dasarnya secara umum, isi CV adalah identitas diri (nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email). Kemudian pendidikan (pendidikan terakhir, jurusan dan IPK); personalitas (gambaran singkat karakter diri kamu); keterampilan; proyek dan pengalaman kerja (hal yang sudah kamu selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan).

Selain itu yang juga penting dicantumkan adalah pelatihan terbaru (pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir) dan informasi lain tentang diri kamu (hobi, referensi atau hal lain tentang diri kamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar). Selain itu, usahakan menuliskan hal tersebut secara singkat dan jelas, agar HR (human resource) bisa nyaman saat membacanya

  1. Buatlah desain sederhana dan menarik

Salah satu daya tarik CV yaitu desain yang sederhana namun informasinya detail dan jelas. Gunakan juga jenis huruf yang menarik dilihat tapi jangan terlalu ramai.

  1. Menunjukkan kemampuan berbahasa asing

Hal ini merupakan poin plus jika kita ingin melamar sebuah pekerjaan, terlebih jika itu kita gunakan pada CV kita. Namun, tetap harus memperhatikan setiap penggunaan tata bahasa yang benar dan formal serta tetap dimengerti.

  1. Tambahkan soft skill yang kamu miliki

Tidak hanya hard skill yang diperlukan sebuah perusahaan, tetapi soft skill juga seperti berpikir kritis, kepemimpinan, teamwork, negosiasi, maupun yang lainnya itu juga perlu dan dibutuhkan dalam pekerjaan.

Nah, itu dia beberapa hal terkait CV saat kita ingin melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat ya!

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Nada Gamara Lembangan

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: