RT - readtimes.id

Di Balik Cerita Tteokbokki

Readtimes.id– Bagi penggemar drama Korea tidak asing dengan makanan satu ini. Ya, tteokbokki. Jajanan Korea yang terbuat dari potongan kue beras dengan lumuran saus cabai yang membakar lidah. Disantap saat ingin-inginnya, ingatan akan tertuju pada Ha Nora dalam drama Twenty Again yang sedang menyantap Tteokbokki, begitu menggiurkan.

Tapi, tahukah kamu asal mula tteokbokki ini?

Awal mula kemunculan tteokbokki yakni saat bertahtanya dinasti Joseon di Korea Selatan. Namun, di masa Joseon lebih dikenal dengan sebutan Gungjung tteokbokki (Tteokbokki Istana). Istana ini hanya diperuntukkan kepada keluarga raja serta sebagai media dalam sebuah penyembahan.

Istilah tteokbokki ditemukan dalam sebuah buku resep masakan berjudul Siui Jeongse, ditulis pada masa pemerintahan Dinasti Joseon. Istilah tersebut juga ditemukan dalam sebuah panduan medis berjudul Shingnyo Chanyo yang ditulis Jeon Sunui, pegawai medis di masa Dinasti Joseon (1460).

Saat itu, tteokbokki dipercaya masyarakat sebagai salah satu makanan yang dapat menyembuhkan penyakit. Tteokbokki kemudian dipastikan akan menjadi olahan kue beras yang melegenda dan akan berusia lanjut.

Sesuai prediksi, tteokbokki ternyata berusia panjang. Tidak hanya keluarga raja, tteokbokki kini bisa dinikmati semua orang. Di gerai-gerai makanan hingga restoran mewah di berbagai penjuru Korea Selatan, menu ini selalu tersedia. Selain itu, ttekbokki yang dulunya hanya berlumurkan saos pedas kini dikembangkanen jadi beberapa varian.

Adapun varian tteokbokki yaitu haemul tteokbokki (terbuat dari seafood), gungjung tteokbokki atau ganjang tteokbokki (berbumbu gangjang atau kecap asin), tteokbokki keju, dan tteok kkochi (tteokbokki yang disajikan dalam tusukan bambu).

Kepopuleran tteokbokki sudah ke mancanegara. Seiring dengan meledaknya drama Korea, makanan ini selalu muncul di setiap drama yang kita nonton. Tteokbokki kemudian menjadi salah satu kuliner antarbangsa yang diimpor dari Korea. Banyaknya peminat drama membuka jalan Korea Selatan untuk menjalin kerja sama bidang kuliner, salah satunya Indonesia.

Di Tanah Air, tteokbokki tidak sulit ditemui. Banyak tempat makan yang menyediakan olahan kue beras Negeri Ginseng tersebut. Olahan ini cukup populer dan seringkali dikreasikan dengan makanan lokal lainnya. Bagaimana, sudah siap mencoba tteokbokki?

Avatar

Ayu Ambarwati

Tambahkan Komentar

Advertisement

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: