RT - readtimes.id

Ketika Kabar Duka jadi Konsumsi Pihak Tak Bertanggung Jawab

Readtimes.id– Ramai soal kabar duka yang datang dari para pesohor Tanah Air nyatanya bisa menggemparkan masyarakat negri ini. Ungkapan bela sungkawa mengalir untuk mendiang Vanessa Angle dan Bibi Ardiansyah serta doa juga harapan baik untuk keluarga yang telah ditinggalkan.

Tidak hanya kerabat dekat, namun seluruh lapisan masyarakat nampaknya ikut bereaksi atas kabar duka tersebut. Entah penggemar atau bukan semua orang menjadi saksi duka itu sehingga diketahui orang banyak.

Kemudahan akses informasi dari teknologi yang semakin canggih menjadi salah satu alasan hal di atas bisa terjadi. Sayangnya, ada beberapa pihak yang seolah menjadikan momen over informasi duka ini sebagai cara meraup keuntungan. Dengan menyebarkan kabar duka yang arahnya bermuara pada hal lain.

Banjir informasi tentang mendiang Vanessa dan Bibi kemudian diekspos semua orang. Yang paling meresahkan bahwa ada manusia yang memanfaatkan kabar duka ini sebagai sarana meraup keuntungan dengan menjadikannya sebuah konten. Dramatisasi menjadi bumbu agar khalayak ramai tertarik untuk menyaksikan.

Walaupun sudah dikonfirmasi bahwa pihak tersebut sudah meminta maaf, kejadian di atas sekiranya menjadi catatan penting untuk kita semua.

Berbela sungkawa tidak dilarang, tapi menghargai privasi juga tidak kalah penting. Jika berlebihan hingga banjir informasi tentang korban dan keluarga bisa mempengaruhi kehidupan mereka kelak.

Pihak-pihak tidak bertanggung jawab bisa saja menggunakan informasi tersebut sebagai sesuatu yang bisa menguntungkan pihak mereka. Terlebih lagi para keluarga akan terusik dengan banjir informasi tentang mereka yang tidak mudah dikontrol.

Maka berhati-hatilah, sebab kini bukan cuma lidah pedang tak bertulang, gerakan jari di layar gawai bisa menjelma bom yang sewaktu-waktu meledak.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: