RT - readtimes.id

Khasiat Madu Saat Puasa, Sumber Energi hingga Daya Tahan Tubuh

Readtimes.id– Madu merupakan salah satu bahan alami yang punya banyak khasiat. Terlebih saat menjalankan ibadah puasa, karena tubuh membutuhkan banyak nutrisi agar tetap kuat beraktivitas di siang hari.

Maka dari itu, mengonsumsi madu dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian hingga menjaga daya tahan tubuh.

Dikutip dari kanal Youtube kesehatan VDVC health, yang dijelaskan dokter Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK bahwa madu mengandung vitamin, mineral, dan juga terdapat antioksidan.

“Madu ini juga sangat penting, karena memiliki sebuah enzim yang dapat membantu sebagai anti bakteri, anti virus, dan anti jamur dalam tubuh, hal itulah yang dapat juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita,” ujarnya.

Walaupun madu tergolong salah satu yang mengandung gula cukup tinggi, namun tidak apa-apa jika dikonsumsi dalam batas yang wajar. Sebab satu sendok madu sudah setara dengan 12 gram gula.

Ketika kita berpuasa, madu ini juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Karena madu ini sifatnya sebagai anti inflamasi, oleh karena itu dapat menurunkan peradangan dan dapat melindungi glukosa saluran pencernaan kita.

Konsumsi madu saat Ramadan disarankan pada saat berbuka puasa, karena saat itu energi sudah mulai turun.

Saat itu gula darah pun sudah mulai turun, sehingga madu sudah masuk ke dalam tubuh, dapat langsung menjadi sumber energi dalam tubuh.

Nah, itu dia manfaat mengonsumsi madu saat berpuasa. Jangan lupa tetap meminumnya dalam batas wajar manfaatnya dapat optimal dalam tubuh.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Nada Gamara Lembangan

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: