RT - readtimes.id

Kilatan Medali Atlet Sulsel dari Hanoi

Readtimes.id– Ada 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu yang berhasil dikumpulkan kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 kali ini. Jumlah yang merupakan buah kerja keras dari seluruh atlet yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, termasuk Sulawesi Selatan.

Sebagai putra putri daerah, mereka tidak hanya membawa nama Indonesia ke SEA Games, namun juga Sulawesi Selatan. Alhasil, beberapa di antaranya berhasil membawa pulang medali dan turut memberikan sumbangan medali yang membawa Indonesia ke peringkat 3 klasemen akhir SEA Games.

Nama pertama yang terlintas tentu saja adalah Asnawi Mangkualam. Pemain yang membela Ansan Greeners ini menyumbang perunggu dari salah satu cabang paling populer, sepak bola. Meski sempat kesulitan berlatih karena permasalahan pada lapangan, Asnawi dan kawan-kawan berhasil memastikan sepak bola masih menyumbang medali setelah mengalahkan Malaysia lewat drama adu penalti. Setali tiga uang dengan Asnawi, dari cabang futsal ada nama Ardiansyah Nur lewat capaian medali peraknya. Lagi-lagi Thailand menjadi rintangan terbesar untuk tim futsal Indonesia.

Baca juga: Mengintip Resep Rahasia Basket Indonesia

Serupa dengan Hardiansyah, karateka kelahiran Makassar, 5 April 1999, Krisda Putria Aprilia juga mempersembahkan medali perunggu lewat nomor individu kata. Dari nomor serupa, tepatnya tim kata putra, Albiadi, Andy Tomy Aditya Mardana, dan Andi Dasril Dwi Dharmawan sukses menyabet medali emas.

Emas lainnya juga dipersembahkan salah satu lifter masa depan Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah. Putra dari legenda angkat bebas Indonesia tersebut berhasil jadi yang terbaik di nomor 73 Kg putra. Tidak hanya menyabet emas, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo tersebut juga memecahkan rekor SEA Games dengan total angkatan mencapai 325 Kg. Uniknya, ia memecahkan rekor atas nama dirinya sendiri saat ia berlaga di Filipina 3 tahun lalu.

Hasil sensasional Rahmat Erwin Abdullah sebagai salah satu atlet asal Sulawesi Selatan yang berlaga di SEA Games dilengkapi dengan raihan luar biasa Sulfianto. Bukan hanya satu, ia sukses persembahkan dua medali emas lewat cabang olahraga dayung. Dua medali emas tersebut juga melengkapi dominasi tim Indonesia di nomor ini dengan total delapan medali emas. Bersama Sulfianto, ada pula atlet dayung asal Sulsel lain yang sukses raih medali, mereka adalah Anwar Tarra dengan medali emas, serta Nurtang yang peroleh medali perak.

Baca juga: Mengintip Peluang Dulang Medali dari Gawai

Capaian mentereng Sulfianto tersebt juga diikuti rekannya sesama atlet, Muhammad Hardiansyah Muliang, Rusdi Rahim, dan Andi Tri Sandi Saputra. Ketiganya sukses persembahkan 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu dari sepak takraw.

Sejumlah prestasi yang ditorehkan atlet Sulawesi Selatan di kancah SEA Games dilengkapi oleh medali perak yang diraih Gilang, atau lebih dikenal sebagai ONIC Sanz lewat cabang E Sport, Mobile Legend.

Torehan medali para atlet Sulawesi Selatan tersebut tidak didapat dari hasil instan. Ada usaha tak kenal lelah yang telah mereka curahkan untuk meningkatkan kemampuan dalam olahraga yang ditekuni. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika pemerintah Sulawesi Selatan turut membantu lewat berbagai kebijakan, utamanya dari nomor yang telah terbukti produktif menghasilkan prestasi yang tidak hanya membanggakan Sulawesi Selatan, tapi juga Indonesia.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: