RT - readtimes.id

Percaya Diriku Sebatas Filter Instagram?

Readtimes.id– Ada kecenderungan pengguna sosial media terutama platform Instagram memakai fitur filter secara berkala. Seperti yang umum diketahui, penggunaan filter dimaksudkan agar hasil tangkapan kamera lebih jernih dan estetik. Dengan begitu, feed maupun instastory akan terlihat lebih menarik di mata para pengikut.

Belakangan penggunaan filter menjadi tren ketika tidak sedikit para pengguna instagram bisa menciptakan filter mereka sendiri dan digunakan oleh para pengguna lainnya.

Tapi, tahukah kamu bahwa penggunaan filter ternyata erat kaitannya dengan rendahnya kepercayaan diri seseorang?

Mengutip dari berbagai sumber seorang profesor psikologi di Hope International University di California, Dr.Peace Amadi,PsyD mengungkapkan bahwa
Instagram menimbulkan kekhawatiran seperti kecemasan terkait penampilan fisik, dan hal ini salah satunya bisa disebabkan oleh penggunaan berbagai fitur yang ada di platform tersebut tak terkecuali filter wajah.

Bahkan menurut Amady kekhawatiran yang berujung pada ketidak percayaan diri ini sifatnya tidak tetap melainkan juga meningkat.

“kami dapat berasumsi bahwa kekhawatiran ini tidak hanya tetap ada tetapi juga meningkat,” kata Amady

Senada dengan itu survei dari The Wall Street Journal yang laporkan pada 2019 silam, juga menyatakan bahwa Instagram memperburuk masalah citra tubuh untuk satu dari tiga gadis remaja.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa 40 persen anak perempuan dibawah 18 tahun mengatakan mereka merasa tidak enak dengan tubuh mereka dan jejaring sosial telah memperburuk perasaannya. Mereka juga mengatakan instagram meningkatkan kecemasan dan depresi.

Mendapatkan Respon positif

Atensi positif dari pengguna lain tak ayal merupakan hal yang dicari oleh para pengguna filter ini untuk menutup ketidakpercayaan diri mereka.

Hal ini juga terungkap dari hasil survei mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang melibatkan 50 responden, dimana mereka mengaku bahwa kepercayaan diri mereka meningkat sebab mereka mendapatkan respon yang positif dari pengguna instagram lainnya setelah menggunakan filter wajah untuk mengunggah foto di sosial media.

Bagaimana denganmu?

Avatar

Ayu Ambarwati

330 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: