RT - readtimes.id

Tren Bisnis 2021 yang Wajib Diperhatikan Wirausaha

Readtimes.id –   Survey yang dilakukan Sea Insight mengungkap fakta sebanyak 54 persen dari responden kalangan UMKM menggunakan media sosial untuk berjualan. Survey itu juga membuktikan rata-rata UMKM Indonesia yang memanfaatkan jejaring sosial mampu meningkatkan pendapatan lebih dari 160 persen. Platform yang tumbuh paling cepat adalah Facebook dan Instagram.    

Bisnis memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan utama yang mendorong pemulihan ekonomi di masa-masa mendatang. Indonesia, pelaku UMKM berkontribusi hampir 61 persen bagi PDB, banyak diantara mereka yang bergantung pada ketahanan dan proses pemulihan. Untuk mewujudkan hal ini, mereka harus bisa beradaptasi dengan cepat terhadap kebutuhan konsumen baik secara daring maupun offline, dan menemukan cara agar bisnis mereka dapat terus berjalan.   

Memasuki tahun 2021, pelaku bisnis khususnya UMKM harus bersiap untuk berjuang di tahun yang baru.

Dalam riset terbarunya, McKinsey menekankan bahwa tahun ini menjadi era peralihan di mana masyarakat akan mulai membentuk masa depan mereka.

Country Manager Zilingo Indonesia, Patrick Vaz  mengatakan meski kebanyakan pelaku usaha tengah mengerahkan segala upayanya untuk bertahan di masa sulit, namun penting untuk terus mengetahui tren terbaru di pasar, demi memetakan kesempatan di masa mendatang dengan lebih baik.  

Patrick membagikan tiga tren bisnis di tahun 2021 yang dapat dijadikan sebagai acuan pelaku UMKM dalam merencanakan masa depan dan menciptakan kesempatan baru.

Pertama, Pola belanja baru. Konsumen di seluruh dunia merasa lebih terhubung satu sama lain karena situasi pandemi yang menyebabkan adanya peningkatan dalam praktik conscious buying dan keinginan masyarakat untuk membeli lebih banyak produk lokal.

Pelaku UMKM perlu fokus untuk memperkuat daya tarik lokal serta menekankan peran positif usaha di dalam masyarakat agar produk serta penawaran lainnya dapat lebih menonjol di pasar.

Kedua, Masa depan kerja jarak jauh. Jumlah pekerja jarak jauh (remote) di seluruh dunia meningkat tajam pada tahun 2020. Tahun 2021 harus menjadi tahun di mana pelaku UMKM mulai memperkuat keamanan siber mereka.

Patrick menyarankan, “UMKM harus mulai melihat perlindungan jaringan, komputer, program, serta data yang ada melalui lensa bisnis perusahaan. Setiap bisnis akan selalu menjadi sasaran para peretas karena Anda memiliki akses ke uang dan data, yang merupakan dua hal utama yang diinginkan peretas terlepas dari banyak atau sedikitnya uang atau data yang Anda miliki. ”

Ketiga, kemajuan e-commerce. Berdasarkan survei UNCTAD, pandemi telah mendorong tren pertumbuhan platform e-commerce dengan adanya perubahan dalam komposisi penjualan lebih dari 65 persen.

Survei tersebut menegaskan bahwa lebih banyak konsumen yang mengakses platform online untuk mencari produk penting seperti: bahan makanan, produk farmasi, produk kesehatan dan kebersihan, pengiriman restoran, dan layanan keuangan.  

Pada awal tahun 2020, Facebook juga telah menyampaikan lima tren sosial yang muncul di dalam platformnya, yakni mobile, video, berbagi singkat, berkirim pesan, dan e-commerce. Menyambut tahun 2021, tren-tren ini sangat terlihat di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia, mendorong bisnis dari berbagai skala untuk dapat beradaptasi dengan penjualan daring.  

Meskipun toko fisik akan selalu menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial dan kesejahteraan ekonomi dari komunitas lokal, terlihat jelas bahwa e-commerce akan terus bertumbuh.

Cara orang menemukan produk dan jasa baru kini menjadi sebuah pengalaman sosial. Mulai dari terhubung dengan bisnis kesukaan melalui kolaborasi bersama kreator konten, atau berinteraksi dengan bisnis lokal.

Apapun skala bisnis Anda, memastikan bisnis tersebut mudah terlihat, dapat ditemukan, dan mampu berinteraksi secara lintas batas, akan menjadi faktor utama untuk dapat beralih dari sekedar bertahan menjadi terus berkembang.

Beralih ke dunia digital tidak hanya menjadi sebuah gagasan yang bagus melainkan sebuah proses penting dalam perkembangan setiap bisnis.

Ona Mariani

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: