RT - readtimes.id

Film Liam dan Laila 2018, Kisah Cinta Terbentur Adat

Sebelum nikah sama cewek Indo, bule harus nonton Film Ini. 

Readtimes.id– Jarak 11.625 km antara Perancis dan Indonesia tidak menghalangi pertemuan Liam dan Laila di media sosial. Melalui aplikasi facebook, Laila mengenal Liam yang kala itu sedang mencari informasi tentang aksi terorisme di Perancis. 

Liam mendapat pencerahan dari penjelasan Laila. Aksi terorisme yang mengatasnamakan organisasi Islam membuat Liam ingin mencari kebenarannya. Melalui Laila, lelaki ini mengerti bahwa itu hanya segolongan orang dan bukan Islam secara keseluruhan. 

Pertemanan mereka kemudian berlanjut ke arah yang lebih serius. Tidak hanya untuk berdiskusi tentang isu Islam, tapi lebih dalam lagi dari itu. Liam menaruh hati pada Laila dan berniat menikahinya. 

Tibalah Liam di Indonesia. Dengan semangat 45, ia menaruh harapan besar pada keberaniannya datang ke Indonesia. Ia telah mempersiapkan segalanya, termasuk melengkapi administrasi pernikahan di negara asalnya. Namun Liam lupa kalau tanah yang kini ia pijak adalah tanah yang punya aturannya sendiri. 

Keluarga Laila merupakan  anak keturunan orang Minangkabau dan sangat menjunjung tinggi aturan adat. Di sisi lain, Laila juga harus mengikuti aturan adat sehingga untuk bertindak ia enggan. Ia hanya bisa berdoa untuk kebaikan Liam dan dirinya. 

Setelah berdiskusi bersama keluarga besar, mereka memberi persyaratan yang perlu dipenuhi dan Liam dengan senang hati menyanggupi. 

Walau demikian rintangan tetap saja datang. Saat mengajukan pernikahan ke KUA, Liam harus berhadapan dengan staf yang sangat menjunjung tinggi aturan. Saking taatnya, Liam harus bolak-balik Jakarta Minang untuk mengurus berkas pernikahannya. Padahal, setelah diperiksa pihak Kedutaan tidak menemukan kesalahan pada kelengkapan surat Liam. 

Rupanya kecurigaan terhadap orang asing begitu terasa bagi sebagian orang di sana. Kehadiran Liam sebagai orang asing menimbulkan cerita miring terhadap Laial dan keluarga besarnya. Asumsi tentang ketidaktaatan pada aturan adat serta kekhawatiran yang tak berujung terbingkai jadi satu sehingga berpengaruh pada kelancaran urusan perkawinan Liam dan Laila. 

Apakah Laila dan Liam akhirnya akan bersama? Saksikan kelanjutannya di Netflix Indonesia. 

Film Liam dan Laila disutradarai  Arief Malinmudo yang diangkat dari kisah nyata. Film ini dibintangi oleh Nirina Zubir sebagai Laila dan  Jonatan Cerrada sebagai Liam Alexander. Diproduksi pada tahun 2018 Film ini memadukan banyak bahasa diantaranya Indonesia, Minang, Inggris dan Perancis.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: