RT - readtimes.id

Film Pagglait 2021

Readtimes.id– Berada di bagian selatan Delhi, tepatnya di Kota Vrindavan, ada asrama khusus yang didirikan untuk para janda di India. Sebuah cerita lama yang mungkin saja belum diketahui oleh kita.

Orang Hindu konservatif di India percaya bahwa mereka yang kehilangan suami (isteri) dianggap tidak hidup sebab gagal mempertahankan jiwanya (suami). Tradisi hindu mengatakan janda tidak boleh menikah lagi. Mereka harus berada di dalam rumah untuk berkabung serta kehilangan fungsi sosialnya sebab dianggap telah membuat malu keluarga.

Kondisi demikian membuat para janda di India kabur dari rumah mertua atau tempat mereka menetap. Vrindavan menjadi salah satu tujuan mereka.

Film Pagglait mungkin tidak sepenuhnya berbicara soal kabar janda di India. Tetapi, di menit-menit awal film ini seolah mengajak pikiran kita ke sana.

Berkisah tentang seorang perempuan bernama Sandhya (Sanya Malhotra), ia baru saja ditinggal suami untuk selama-lamanya. Astik suaminya meninggal dunia lima bulan setelah acara pernikahan mereka digelar. Suasana di rumah keluarga Astik sungguh tenang dengan penghuni rumah yang lebih banyak diam. Hanya ketika kerabat datang lalu saling bertemu sambil berbagi sendu mengenang kematian Astik, anak mereka.

Namun, kontras ketika langkah kaki menuju lantai atas rumah itu. Di sana, Sandhya berada. Menelusuri halaman facebook, mengunggah status akan kondisinya dan membaca komentar teman facebooknya. Sandhya terlihat baik-baik saja karena ia memang ingin demikian. Sandhya hanya tidak ingin larut dalam duka.

Melihat kondisi Sandhya, sama saja melihat pemandangan yang salah, seolah itu sebagai sesuatu yang tidak masuk akal. Harusnya Sandhya sedang berkabung seperti halnya mereka. Sandhya disangka gila sampai ibunya melakukan ritual semacam mengusir sesuatu dalam diri Sandhya.

Perlakuan keluarganya membuat Sandhya menemui ketidaksesuaian akan apa yang ia yakini. Ia kesal atas perlakuan keluarganya sehingga banyak pertanyaan kemudian muncul di benaknya. Ribuan pertanyaan itu ada pada diri perempuan yang dilabeli janda yang terkadang sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Film Pagglait disutradarai oleh Umesh Bist dan tayang perdana sejak Maret 2021 di Netflix. Selamat menyaksikan.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

3,847 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: