RT - readtimes.id

Kenali Jenis Kurma dan Manfaatnya untuk Tubuh

Readtimes.id – Kurma merupakan buah yang identik serta selalu hadir saat Ramadan. Buah yang berciri khas oval, berwarna cokelat, serta memiliki daging yang legit ini merupakan pilihan sebagian orang untuk menyantapnya saat berbuka puasa.

Di balik rasanya yang manis, kurma juga terbukti memiliki banyak manfaat menyehatkan tulang, memenuhi cairan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, serta memulihkan energi.

Kemudian kurma juga memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh seperti kaya akan antioksidan, serat, kalsium, vitamin A dan vitamin K.

Kurma juga punya banyak jenis yang berbeda dari segi ukuran dan tekstur. Berikut beberapa ragam kurma yang dapat kamu konsumsi dan menjadi pilihanmu saat berpuasa.

  1. Deglet Noor

Kurma jenis ini memiliki tekstur yang setengah kering berwarna emas ketika terkena paparan sinar matahari dan biasanya dapat digunakan untuk memasak. Rasa sangat otentik seperti madu. Dalam bahasa Indonesia kurma ini memiliki arti “kurma yang bercahaya”.

  1. Halawi

“Halawi” berarti “manis”, kurma jenis ini memiliki cita rasa yang legit seperti madu. Kurma yang dapat ditemukan di Irak ini memiliki ciri-ciri daging yang tebal, lembut, serta berwarna keemasan. Kurma ini bisa dikonsumsi langsung ketika telah dipetik sehingga dapat dijadikan sebagai camilan.

  1. Barhi
Doc.indonesian alibaba

Memiliki ciri-ciri yang kecil serta paling rapuh di antara kurma lainnya, kurma ini rasanya mirip seperti sirup serta kulit dan dagingnya memiliki tekstur yang keras. Warna dari kurma ini sering berubah-ubah saat diawetkan, tingkat dari kematangan buah kurma jenis ini bisa terbilang lambat.

  1. Safawi

Kurma jenis ini memiliki ciri berwarna kecoklatan, serta teksturnya menyerupai daging. Rasa dari kurma ini sangat manis dan dipenuhi dengan vitamin, kemudian dikenal dengan khasiat yang dapat menyembuhkan sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan.

  1. Ajwa

Berbentuk lebih kecil serta warnanya yang gelap menyerupai buah kismis, kurma ini memiliki daging yang lebih kering dari kurma lainnya. Kurma ini dibudidayakan di Madinah, kemudian banyak yang mengatakan bahwa kurma ini bisa jadi alternatif untuk sebuah proses penyembuhan.

  1. Sukkari

Kurma yang memiliki kualitas premium yang berasal dari Irak dan Arab Saudi ini berwarna lebih kuning dibanding varian kurma lainnya, serta memiliki rasa yang lebih manis dan daging yang lembut seperti karamel. Selain dapat dimakan secara langsung, kurma ini juga dimanfaatkan untuk campuran bahan kue, roti, dan smoothie.

  1. Khalas

Kurma yang berukuran sedang dan memiliki warna cokelat kemerahan, serta daging yang bertekstur lembut dan lengket sehingga rasanya menyerupai karamel. Kurma ini juga memiliki manfaat bagi pencernaan, memiliki antioksidan yang tinggi dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Itulah beberapa jenis kurma dan manfaatnya. Apakah salah satu kurma diatas ada yang merupakan kesukaanmu?

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Nada Gamara Lembangan

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: