RT - readtimes.id

Mencari Penyembuhan dan Belajar Tentang Alam dari Film “My Octopus Teacher”

Readtimes.id– Kejenuhan dalam hidup akan selamanya terasa buruk jika tidak berani mencoba sesuatu. “My Octopus Teacher” adalah sebuah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan emosional seorang sutradara film asal Afrika Selatan, Craig Foster, yang mengalami kejenuhan dalam hidupnya.

Craig memutuskan mencari penyembuhan dengan menyelam di lautan lepas. Dalam perjalanannya, ia menemukan sebuah pertemanan yang tak terduga dengan seekor gurita, yang mengubah pandangannya tentang kehidupan dan alam.

Pengamatan dan interaksi harian Craig dengan gurita ini tidak hanya membawa keajaiban dan keindahan, tetapi juga pelajaran tentang ketahanan, persahabatan, dan keterhubungan antara semua makhluk hidup di bumi ini.

Yang membuat “My Octopus Teacher” begitu istimewa adalah cara film ini menyajikan interaksi antara manusia dan binatang dengan sangat emosional dan intim. Craig tidak hanya mengamati gurita tersebut secara ilmiah, tetapi juga berusaha untuk memahami dunianya dan merasakan kehadirannya sebagai makhluk hidup yang sama-sama penting dalam ekosistem.

Dalam satu adegannya Craig akhirnya menyaksikan seekor hiu pemangsa menyerang teman guritanya di depan mata. Craig tak bisa melakukan apapun dan menyaksikan sahabat barunya itu kehilangan bagian tubuhnya.

Akhirnya film ini mencoba memberi tahu pada kita bahwa tidak semua hal bisa kita campuri dan dapat kita selesaikan secara langsung.

Seringkali kita hanya berperan sebagai saksi dan hanya mampu memberi energi positif tanpa menyentuh. Octopus dapat menyembuhkan dirinya sendiri hanya dengan diam, dan bertahan dalam sarangnya selama berhari-hari dengan kemampuan yang dimilikinya.

Film ini tidak hanya menyoroti keindahan alam bawah laut Afrika Selatan, tetapi juga mengajarkan kita pentingnya menjaga dan menghargai keberagaman kehidupan di bumi ini. Melalui cerita ini, penonton diajak untuk merenungkan hubungan mereka dengan alam dan bagaimana tindakan kita sehari-hari dapat mempengaruhi lingkungan di sekitar kita.

Melalui film tersebut, kita dapat melihat bahwa manusia bisa belajar dari mana saja, termasuk dari seekor gurita. Selain itu, anugerah keindahan alam bukan hanya untuk dinikmati semata, tetapi juga untuk dijaga. (NK)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

162 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: