RT - readtimes.id

Serial New Amsterdam, Dambaan Layanan Kesehatan Masa Kini

Readtimes.id– Kota New York Amerika Serikat dikenal sebagai kota tersibuk di dunia. Seakan tak pernah tidur, New York bahkan menjadi wajah dari perekonomian dunia. Berada di Kota New York tepatnya di Manhattan, sebuah rumah sakit bernama New Amsterdam seakan menjadi bagian dari wajah New York kini.

Rumah sakit itu sedang diributkan dengan kedatangan direktur baru. Max Goodwin, di hari pertama ia memegang kendali New Amsterdam langsung memecat banyak dokter, terutama departemen Kardiologi. Dr. Goodwin bahkan hanya menyisakan satu dokter bernama Floyd Reynolds, sebagai spesialis jantung. Tentu tindakan Goodwin sangat mengejutkan hingga para dewan rumah sakit jelas geram atas kebijakan pertamanya.  

Alasannya hanya satu, mereka semua tidak memenuhi kualifikasi untuk menyelamatkan pasien secara keseluruhan, sebab mementikan cuan ketimbang perawatan yang layak. Dan New Amsterdam sejatinya memang ingin bicara soal itu.

Sistem pelayanan kesehatan yang hanya menguntungkan beberapa pihak kemudian kehadiran Goodwin fokus dalam memperbaiki sistem pelayanan agar New Amsterdam tidak lagi merugikan masyarakat. Dalam cerita, akan diperlihatkan bagaimana Goodwin sebagai direktur, memutar otak menemukan strategi agar pasien dapat dilayani dengan baik, terutama mereka yang tidak memiliki finansial.

Selain perihal perawatan, Goodwin tidak mengabaikan para pekerja yang ada di rumah sakitnya. Ia ingin menciptakan sebuah sistem yang sehat di New Amsterdam. Hal itu kemudian diolah seorang  Goodwin sehingga kebijakan-kebijakan yang dihasilkan bisa dirasakan semua pihak. Tidak hanya bagi tenaga kesehatan, namun seluruh pihak yang terlibat dalam New Amsterdam, termasuk pasien dan para pekerja.

Serial New Amsterdam untuk pertama kali digarap langsung Kate Dennis dan ditulis oleh David Schulner berdasarkan buku berjudul Twelve Patients: Life and Death at Bellevue Hospital dari Dr. Eric Manheimer, MD yang juga terlibat dalam serial ini di jajaran para produser.

Dibintangi Ryan Eggold, Janet Montgomery, Freema Agyeman, Jocko Sims, Tyler Labine serta  Anupam Kher, New Amsterdam pertama kali tayang pada 2018 dan berjumlah empat season hingga saat ini.

Jika kalian penggemar serial drama medical barat, tentu New Amsterdam tidak akan sama dengan serial drama medical seperti Grey’s Anatomy (2005-2016) atau ER (1994-2099) di masanya.

New Amsterdam tidak hanya memperkaya pengetahuan kita akan dunia medis, melainkan mengungkap banyak hal terutama menyoal sistem pelayanan kesehatan serta upaya rumah sakit memperbaikinya. Walaupun terdengar sangat fiksi, namun New Amsterdam seharusnya jadi salah satu suplemen untuk memperbaiki sistem yang selama ini merugikan masyarakat.

Bagi kamu yang tertarik untuk menyaksikan, New Amsterdam bisa kamu tonton di layanan streaming Netflix atau Stan.com. Selamat menyaksikan!

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

35 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: