RT - readtimes.id

Tak hanya Fisik, Olahraga juga Bermanfaat untuk Otak

Readtimes.id – Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat membuat tubuh menjadi sehat. Tapi selain itu, ternyata olahraga juga bisa memberikan manfaat besar terhadap otak kita.

Saat seseorang berolahraga, otaknya juga mengalami pertumbuhan lebih besar dan kuat. Dengan kapasitas kardio yang meningkat, otak juga mengalami perubahan.

Adapun jenis olahraga yang dapat kita lakukan untuk menjaga otak tetap sehat adalah sebagai berikut:

1. Mengangkat lutut

Gerakan ini dapat dilakukan dengan mengangkat kaki kanan hingga bersentuhan dengan siku kiri dan begitupun sebaliknya. Meski terlihat sederhana, namun gerakan ini nyatanya dapat menyeimbangkan otak kanan dan kiri, dan juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

2. Berdiri tegak dengan kaki menyilang dan tangan berada di dada

Gerakan ini dapat membuat sistem saraf di otak menjadi lebih rileks, sehingga otak dapat berpikir dengan jernih dan fokus.

3. Jalan kaki

Jalan kaki sekitar 15-30 menit dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kinerja otak. Karena dengan berjalan kaki membuat suatu tingkat kewaspadaan serta kemampuan otak menjadi lebih baik.

4. Bersepeda

Olahraga ini adalah hal yang menyenangkan dan dapat membuat orang terhindar dari stres, sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu juga bisa meningkatkan konsentrasi dan dapat membantu juga dalam mengelola emosi.

5. Aerobik

Gerakan olahraga aerobik ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kemudian gerakannya juga dapat meningkatkan kemampuan otak serta berperan sebagai pertolongan pertama ketika sel-sel di otak mengalami kerusakan.

Kegiatan yang sangat sederhana bukan? Namun hal tersebut relatif mudah serta menyenangkan dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi otak.

Hal tersebut juga dapat membuat kerja otak kita menjadi optimal juga tidak mudah pikun.Walau terdengar sepele, namun hal ini merupakan suatu kegiatan yang penting juga loh.

Selain dapat menjadi kegiatan untuk beristirahat serta rileks, hal ini juga membuat otak kembali segar dan dapat bekerja dengan optimal.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Nada Gamara Lembangan

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: