RT - readtimes.id

The Boy Who Harnessed the Wind

Readtimes.id– Mengisahkan seorang William Kamkwamba (Maxwell Simba), anak seorang petani yang bermukim di Malawi, Afrika Timur. Selayaknya keluarga petani, mereka menjalani hidup dengan bercocok tanam dan segala yang menyakut tentangnya.

Namun begitu, Kamkwamba tak pernah kehilangan dukungan untuk menjalani pendidikan atas dukungan orang tuanya.

Kehidupan mereka berjalan dengan apa adanya hingga suatu hari warga Malawi dihadapkan pada masalah. Pabrik tembakau yang beroperasi di daerah mereka datang dan ingin membeli lahan untuk menjadikannya tempat pengeringan. 

Dari tawaran penjualan lahan itu membagi warga Malawi menjadi dua. Ada yang menolak namun tak sedikit pihak yang menerima. Namun pada akhirnya, perusahaan tembakau itu berhasil membeli lahan di sana dan menebangi pohon yang masih berdiri kokoh.

Tanpa disangka langkah penebangan pohon yang dilakukan pihak pabrik malah membawa masalah baru di Malawi. Ketika musim penghujan  tiba, air menggenangi tanaman mereka sehingga petani mengalami gagal panen. Begitu pula ketika musim kemarau, karena terlalu kering, tanaman mereka pun ikut tak berkembang.

Seluruh petani akhirnya mengeluh tak terkecuali ayah William Kamkwamba. Diselimuti kegusaran, sang ayah kemudian menemui pihak pabrik untuk meminta izin menanam pohon kembali di lahan mereka yang dulu. Alih-alih mendapat izin, pihak pabrik malah menjadikan hujan sebagai alasan.

William yang menyaksikan keadaan di sekitarnya mendapat sebuah dorongan untuk melakukan sesuatu. Ia kemudian merakit mesin pompa berdasarkan pengetahuan yang ia miliki dari buku di perpustakaan.

doc. Netflix

The Boy Who Harnessed the Wind sungguh sangat menyentil isu lingkungan khususnya di Afrika. Penebangan pohon yang memicu tanaman tak tumbuh berimbas pada penghasilan petani yang merosot. Hal itu bahkan sampai pada  situasi anak-anak harus putus sekolah karena kendala biaya.

Film The Boy Who Harnessed the Wind pertama kali rilis pada 2019 silam yang juga merupakan kisah nyata dalam buku yang ditulis oleh William Kamkwamba dan Bryan Mealer bertajuk serupa.

Sebagai sutradara, Chiwetel Ejiofor yang juga memainkan peran sebagai ayah William di film ini  membawa Chiwetel menerima penghargaan  Alfred P. Sloan Feature Film di Sundance Film Festival dan memenangkan Fiction Grand Award di ajang International Film Festival and Forum on Human Rights (2019).

Film ini bisa kamu saksikan kembali di Netflix. Selamat menyaksikan!

Baca juga: Serial Netflix The Five Juana 2021

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

68 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: