RT - readtimes.id

The White Tiger: Usaha Keluar dari Jerat Kemiskinan

Readtimes.id Balram Halwai, pemuda India dari daerah terpencil bernama Gaya.  Sewaktu kecil, kecerdasan Balram sudah terlihat di bangku sekolah namun karena kondisi ekonomi keluarga ia harus putus sekolah. Jerat kemiskinan yang dialami Balram menjadi inti dari film yang disutradarai oleh Ramin Bahrani.

Setelah dewasa Balram menjadi seorang sopir. Ia bekerja di keluarga kaya hingga diangkat menjadi sopir pribadi Ashok dan Pinky. Sebagai seorang sopir pribadi dari keluarga kaya, Balram menjalankan tugasnya selayaknya seorang sopir. Balram bahkan memiliki hubungan baik dengan sang majikan

Pekerjaan Balram secara tidak langsung juga mengantar dirinya pada apa yang disebut “siklus hidup orang kaya” sehingga mengenal kehidupan mereka. Dimulai dari gaya hidup, cara pandang dan apa yang mereka kerjakan, ya Balram menyaksikan semuanya secara nyata.

Dari pekerjaan mengantar pulang pergi orang kaya, Balram akhirnya mengetahui bahwa orang-orang yang begitu kontras dengannya. Ketidakadilan ternyata terjadi pada dirinya. Orang-orang kaya seperti majikannya adalah orang-orang yang mengambil uang rakyat namun diberi banyak kesempatan. Sementara dirinya hanya bisa menjadi seorang sopir bahkan diberi kesempatan sekolah pun tidak.

Pandangan Balram terhadap kehidupan mulai berubah ketika ia menyaksikan sendiri apa yang selama ini terjadi di kehidupan orang orang berada. Hal itu kemudian membuat jiwanya berkecamuk. Balram menyadari bahwa setiap waktu yang dilewati adalah sesuatu yang sangat berharga. Ia berubah menjadi pria cerdas yang memanfaatkan kecerdasannya untuk menggapai apa yang ia inginkan. Ia harus keluar dari kemiskinan yang selama ini menjerat Balram dan keluarganya.

Film The White Tiger menyuguhkan kasta sosial di India serta sisi gelapnya. Potret kehidupan masyarakat di desa Gaya dan perumahan mewah di tempat kerja Balram sangat menonjol dalam film ini. Gemerlap malam kota Delhi sangat berbanding terbalik dengan malam di desa Gaya. Sementara ada gelak tawa yang menggema di balik wajah lelah susahnya mencari sesuap nasi setiap hari.

Perjuangan Balram keluar dari masalah kemiskinan adalah metafora dari Macan putih alias The White Tiger. Akan lahir pahlawan diantara banyaknya pejuang. Pahlawanan akan melakukan segala cara demi mencapai hal yang diinginkan. Namun, ada harga yang tetap harus dibayar.

Film The White Tiger diadaptasi dari novel karya Aravind Adiga. Dibintangi Adarsh Gourav, Priyanka Chopra Jonas dan Rajkummar Rao. Film ini telah tayang perdana di netflix pada 22 Januari 2021 dengan persentase penonton mencapai 85 persen.

Avatar

Ayu Ambarwati

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: