RT - readtimes.id

Unhinged; Satu Hari Yang Tidak Menyenangkan

“One bad day” satu hari yang buruk yang tentunya semua orang pernah mengalaminya. Hal ini juga sering dipicu oleh padatnya aktivitas kita sehari-hari. Tidak jarang amarah atas masalah-masalah tersebut ternyata mengantarkan kita pada kesialan bahkan berujung pada kematian.

Pengalaman tidak menyenangkan bisa terjadi pada siapa saja kapan saja dan di mana saja. Setiap manusia tidak akan bisa menolak ataupun menawar kematian seseorang. Tetapi sebaliknya jika kematianmu di rencanakan oleh orang lain apakah hal itu masih bisa untuk di hindari. Hidup yang kita jalani dengan sebaik mungkin akan mendapat teror dan berujung pembunuhan berencana.

Hidup yang kacau karena sedang banyak masalah seolah meninggikan tingkat stress seseorang. Russell Crowe dalam film Unhinged aktor senior pemenang oscar tepat memerankan sebagai pria misterius paruh baya bernama Tom cooper yang amarahnya sudah tidak bisa di bendung lagi. Merepresentasikan perilaku manusia yang sudah kehilangan kendali atas moral yang membuat dirinya makin berbahaya.

Film yang mencoba menampilkan sedikit gambaran keadaan kota-kota di Amerika yang padat dan sibuk pada pagi hari. Dengan suara-suara sambutan dari penyiar radio yang menyapa para pekerja, keadaan tampak normal, layaknya keadaan pagi Ibukota pada jam-jam sibuk. Kemudian, keadaan beralih pada ketidakdisiplinan berkendara hingga memicu tindakan amarah di jalan raya.

Kasus yang sering terjadi hampir di mana-mana dan kerumunan lalu lintas yang tidak tertib mendorong emosi seseorang. Coba diangkat dalam film Unhinged dengan elemen psikologis lain yang memicu perilaku berkendara di jalan. Rachel dengan kebiasaan terlambat malah menyalahkan keadaan hingga berujung pada nasib buruknya: dipecat dari pekerjaannya, anaknya yang sering dihukum karena terlambat masuk sekolah, hingga bertemu pria psikopat yang membunuh orang-orang terdekatnya.

One bad day yang dialami Tom mengingatkan kita pada dialog Joker dalam film animasi Batman: The Killing Joke (2016).Hanya butuh satu hari yang buruk untuk bisa mengubah seseorang menjadi gila yang akut.

Tepat seperti ungkapan “senggol, bacok!” Di jalan bukan hanya dianjurkan berhati-hati dengan kendaraan lain, tapi juga emosi diri sediri. Film ini jadi gambaran bahwa kengerian dunia bukan hanya soal bencana alam. Realita jalanan di kota besar yang macet dan bikin stress, ditambah orang-orang yang tidak bertanggung jawab serta egois, membuat kita geleng-geleng kepala betapa gilanya dunia sekarang ini.

Bagimana keseruan aksi kejar-kejaran yang di setting penuh di jalan raya yang penuh amarah ini? Unhinged ini termasuk dalam film aksi feel good yang bisa ditonton sambil bersantai dan tanpa berfikir panjang. Dimana isu sosial yang terjadi di dunia bahwa pengaruh kata “maaf” juga bisa mengubah hidup seseorang.

Avatar

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: