RT - readtimes.id

Ya dan Tidak dalam Film Tidal Wave (2009)

Gempa mengguncang Sulawesi Barat tepatnya di darat pada jarak 4 km arah Baratlaut Majene kedalaman 10 km berkekuatan 5,9 magnitudo, Kamis, (14/01/21) kemudian gempa kedua menyusul dengan kekuatan 6,2 magnitudo, Jumat, (15/01/21). Meski BMKG sudah mengeluarkan peringatan adanya gempa susulan tapi masyarakat dihimbau untuk tetap tenang.

Ketika bencana alam terjadi ada beberapa hal yang Ya dan Tidak harus dilakukan, melalui film Tidal Wave (2009) kita bisa belajar beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri saat bencana terjadi, yaitu :

1. Jangan Menggunakan Lift

Lee Yu-jin (Uhm Jung-hwa) berniat menjemput putrinya dari kamar apartemen setelah mendapatkan kabar untuk melakukan evakuasi. Sayangnya, Lee Yu-jin menggunakan lift dan membuatnya terjebak ketika gempa terjadi. Sementara sang suami, Kim Hee (Park Joong-hoon) berhasil menyelamatkan sang putri yang hampir terjatuh dari gedung apartemen setelah menggunakan tangga darurat.

Dari adegan film ini, penulis sepertinya ingin menyentil penonton bahwa instruksi untuk tidak menggunakan lift saat terjadi bencana bukan hal main-main dan menggunakan tangga darurat adalah pilihan yang paling tepat.

2. Menjauh dari Aliran Listrik

Aksi mendebarkan terjadi saat Kang Yeon-hee (Ha Ji-won) dan Choi Man-sik (Sol Kyun-gu bertahan pada tembok pilar ketika tsunami melanda Haeundae. Man-sik yang melihat salah satu tiang aliran listrik akan terjatuh ke air segera meminta Yeon-hee untuk memanjat pilar lebih tinggi. Terlambat sedetik saja, keduanya tidak akan selamat dari sengatan listrik.

Tidak adanya yang tahu kapan bencana alam terjadi, saat gempa bumi terjadi biasanya aliran listrik akan padam namun ada baiknya untuk tetap waspadai segala kemungkinan yang timbul akibat arus pendek.

3. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Choi Hyeong-sik (Lee Min-ki) adalah seorang penjaga pantai yang menyelamatkan Hee-mi (Gang Ye-won) bersama satu orang temannya dari kapal pesiar menggunakan helikopter. Sayangnya, dalam misi penyelamatan tersebut teman Hee-mi yang panik membuatnya kembali terjatuh ke dalam laut.

Hyeong-sik segera terjun untuk menyelamatkannya, ketika tali yang membawa mereka naik ke helikopter tidak sanggup mengangkut beban keduanya, Hyeong-sik kemudian membuat keputusan dengan mengorbankan dirinya sendiri. Pada bagian ini, penonton dibuat greget karena keduanya bisa saja selamat jika teman Hee-mi tetap tenang dan tidak panik.

Avatar

Ona Mariani

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: