RT - readtimes.id

Gear 5 dan Penegasan Status One Piece Sebagai Mahakarya yang Tak Ada Duanya

Readtimes.id– Selama sepekan terakhir, foto profil Monkey D Luffy dalam mode gear 5 menghiasi media sosial. Aksi tersebut merupakan bentuk antusiasme penggemar terhadap kemunculan gear 5 pada episode 1071 anime One Piece.

Sebagai anime dan manga yang telah mengudara lebih dari 20 tahun, One Piece punya cara tersendiri untuk terus berada di level tertinggi popularitas. Berbeda dengan anime dan manga shounen yang membutuhkan sekuel dan cerita sempalan untuk tetap menjadi pembicaraan, One Piece hanya membutuhkan cerita utamanya sebagai topik yang bakal selalu dibahas.

Sebagai pembanding, judul cerita Naruto masih terus dibahas karena didorong oleh kehadiran cerita sekuelnya yang berjudul Boruto. Hal yang sama juga berlaku untuk waralaba Dragon Ball. Kita mengenal ada Dragon Ball Z, Dragon Ball GT, Dragon Ball Z Kai, hingga Dragon Ball Super.

Terlepas dari kualitas sekuel yang lebih rendah dari cerita sebelumnya, kehadiran kisah tambahan tersebut dapat membuat sebuah karya fiksi terus bertahan lintas generasi dalam skala besar. Maka tidak heran jika kehadiran Boruto justru membuat cerita Naruto tetap layak diperbincangkan, terlepas dari kualitasnya yang dianggap buruk.

Di sisi lain, One Piece terus dapat bertahan dalam pembahasan para penggemar tanpa memerlukan sekuel tambahan. Bahkan, para penggemar sampai rela mengadakan nonton bareng untuk sebuah tayangan berdurasi 23 menit yang telah memasuki episode seribu lebih.

Kemampuan One Piece untuk tetap berada dalam pembicaraan para pecinta karya fiksi juga tidak didorong oleh kehadiran cerita fiksi bertema serupa. Sebut saja seperti Slam Dunk yang kembali menjadi pembahasan karena hadirnya Kuroko no Basket, atau Captain Tsubasa yang kembali didiskusikan karena adanya Blue Lock.

Seperti judulnya, One Piece yang memiliki kata “One” di dalamnya, manga karya Eiichiro Oda ini tetap mampu bertahan dalam diskusi dengan hanya memerlukan dirinya sendiri saja. One Piece tidak memerlukan sekuel, spin off, atau manga bertema serupa untuk tetap populer dan bertahan di level tertinggi.

Terlepas dari reaksi yang ditimbulkan oleh perilisan episode 1071 One Piece, antusiasme yang dihadirkan gear 5 kembali menegaskan bahwa kisah petualangan Monkey D Luffy ini merupakan salah satu waralaba karya fiksi terbaik yang pernah ada dalam sejarah peradaban umat manusia.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

51 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: