RT - readtimes.id

Kisah Roh Pelindung dalam Budaya Jawa

Readtimes.id– Ravacana Films kembali mengeluarkan karya terbaru di channel Youtube mereka. Melalui tangan Tiaratita, film ini ditulis, disunting dan disutradarai olehnya sendiri. Film ini seakan memberi kesan nyata dengan set kamera bagai kamera cctv.

Danyang bercerita tentang  pemuda bernama Yoga yang mengalami suatu kejadian mistis di dalam studio kreatif tempatnya bekerja. Seusai bekerja, ia memutuskan tidak pulang karena ingin melanjutkan tontonan filmnya.

Di tengah-tengah menonton, Yoga merasa sedang diusik oleh sesuatu. Ia berusaha membuka mata namun dengan sekasama ia tidak menemukan keganjilan. Begitu terus hingga tidurnya tidak dapat diganggu lagi.

Ketika itu lah sorot kamera mengarah ke depan jendela. Menemukan anak perempuan duduk menunduk dengan api yang telah menyala di ruang dapur.

Dalam budaya Jawa, Danyang adalah roh halus tertinggi yang tinggal di pohon, gunung, sumber mata air, desa, mata angin, atau bukit. Danyang dipercaya menetap di sebuah tempat yang disebut sebagai punden. Ia tidak mengganggu atau menyakiti akan tetapi  melindungi.

Danyang juga dipercaya sebagai penerima pertolongan bagi mereka yang meminta pertolongan. Imbalan yang mesti diberikan kepada danyang adalah slametan. Roh ini juga dipercaya sebagai penentu bagi siapa yang akan menjadi seorang kepala desa di tempatnya menetap.

Dalam film ini, anak kecil yang merunduk kaku adalah orang yang mencoba membangunkan Yoga. Di awal film Yoga menyalakan kompor yang hendak memanaskan air. Karena keasyikan dengan gawainya, ia lupa mematikan hingga akhirnya api sudah melalap ruangan ketika ia sedang terlelap.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

593 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: