RT - readtimes.id

Manisnya Bolu Cukke Khas Bugis, Oleh-oleh Andalan Saat Mudik Lebaran

Readtimes.id — Tiap daerah tentu memiliki jenis kue khas tersendiri. Di suku Bugis terdapat banyak sekali jenis kue tradisional, salah satunya Bolu Cukke. 

Jika kamu berasal dari Bugis, tentunya tidak asing lagi mendengar nama kue satu ini. Rasanya yang lezat nan lembut mampu menjadikan siapa saja yang memakannya menjadi suka. 

Tak heran jika para perantau Bugis tidak pernah melewatkan Bolu Cukke sebagai bingkisan dan oleh-oleh dari kampung halaman, utamanya di momen Lebaran seperti sekarang ini. 

Dalam Bahasa Bugis, Cukke diartikan sebagai mencungkil. Itulah mengapa bolu khas bugis ini diberi nama Bolu Cukke, karena pada saat proses pemanggangan kue bolu akan dicungkil ketika matang. 

Sebenarnya, Bolu Cukke hampir mirip dengan kue bolu pada umumnya. Yang membedakannya hanyalah pada bentuknya yang oval dan bergaris-garis dan bahan dasar rahasia yang menjadi kunci dari kue Bolu Cukke. 

Kamu bisa membuat Bolu Cukke di rumah dengan menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, gula pasir, TBM (pengembang), soda kue, dan minyak. Adapun bahan dasar yang menjadi rahasia pada kue Bolu Cukke adalah gula merah. 

Bolu Cukke yang diberi gula merah akan membawa rasa yang berbeda ketika dimakan. Meskipun beberapa pembuat Bolu Cukke ada yang menggunakan gula pasir, namun Bolu Cukke dengan campuran gula merah menjadi kue yang paling banyak digemari. 

Umumnya, beberapa kalangan anak muda tidak menggemari makan tradisional khas daerahnya. Namun berbeda dengan kue Bolu Cukke, penggemarnya tidak hanya berasal dari kalangan orang tua saja, namun banyak anak-anak, remaja, dan mahasiswa juga menyukainya. 

Seperti Fathatun Naimah, seorang mahasiswa rantau asal Wajo yang sering membawa kue Bolu Cukke sebagai bingkisan saat ingin merantau ke Makassar. 

“Ya, tiap mau ke Makassar saya selalu suruh ibu untuk membelikan Bolu Cukke, karena itu sudah jadi favorit saya sejak dulu. Dan tiap saya membawa Bolu Cukke, teman-teman yang datang di indekos yang berasal dari daerah lain justru suka. Kadang mereka pesan ingin dibawakan lagi,” ujarnya pada Readtimes.id (6/05). 

Kue Bolu Cukke paling pas jika disantap bersama teh hangat di pagi hari. Tak hanya itu, kue ini juga bisa menjadi makanan pelengkap ketika ada tamu yang datang ke rumah. 

Di Kabupaten Wajo, kamu bisa mendapatkan Bolu Cukke dengan harga bervariasi, mulai Rp.25.000-Rp.50.000 per kemasan. Setiap kemasan berisi sekitar 25 kue Bolu Cukke. 

Bagaimana? Tertarik mencoba Bolu Cukke khas Bugis ini? 

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: