RT - readtimes.id

Bertumbuh dan Berkembang Bersama Haikyuu

Readtimes.id– Beberapa waktu lalu, Haikyuu merilis manga edisi spesial untuk merayakan ulang tahunnya ke-10. Meski manganya telah tamat, seri yang menceritakan tentang perjuangan Hinaya Shoyo dalam memperjuangkan mimpinya di bidang olahraga voli ini masih terus dinantikan adaptasi animenya.

Seri yang ditulis oleh Haruichi Furudate ini sendiri telah mendapatkan serialisasi anime sebanyak 4 musim dengan total 85 episode dan dianimasikan oleh Production IG.

Berbeda dengan cerita anime dan manga olahraga yang umumnya berorientasi pada bagaimana karakter utama dapat meraih gelar juara, Haikyuu menyajikan hal berbeda. Manga yang diterbitkan oleh Shueisha ini lebih mengedepankan cerita tentang perkembangan karakter di dalamnya.

Baca Juga: Manisnya Bolu Cukke Khas Bugis, Oleh-oleh Andalan Saat Mudik Lebaran

Dimulai dari bagaimana seorang Kageyama Tobio yang awalnya dikenal sebagai pemain voli yang hebat namun tidak bisa bekerja sama. Pertemuannya dengan karakter utama, Hinata Shoyo malah membuat dirinya belajar menerima rekan satu timnya dan mempercayai mereka.

Di lain sisi, Hinata adalah seorang pemain dengan bakat atletik luar biasa, namun tidak pernah berada di lingkungan yang mendukungnya. Pertemuan Hinata dengan Kageyama juga berdampak kepada perkembangan keterampilan sang karakter utama.

Tidak hanya menceritakan tentang perkembangan dua karakter tersebut, Haikyuu juga memperlihatkan dinamika antara para pemain dari ekstrakulikuler bola voli SMA Karasuno, sekolah Kageyama dan Hinata.

Tidak hanya para pemain dari SMA Karasuno, Haikyuu pun turut memperlihatkan perjuangan dari tim sekolah lain dan bagaimana mereka bertumbuh menjadi seorang manusia.

Baca Juga: Jangan Bingung, Berikut Referensi Busana Lebaran untuk Kamu!

Apa yang disajikan di dalam Haikyuu bisa dibilang mirip seperti apa yang ditawarkan oleh Anime dan manga Slam Dunk karya Takehiko Inoue. Meski berkutat di ekstrakulikuler olahraga di SMA, kedua cerita ini tidak menitik beratkan semuanya kepada nilai olahraga sebagaimana anime dan manga dengan genre sejenis. Slam Dunk dan Haikyuu sama-sama menawarkan cerita yang diwarnai interaksi antar karakter di dalam dan di luar lapangan.

Haikyuu merupakan salah satu anime dan manga yang dihiasi banyak pemikiran tentang pengembangan diri dan bagaimana kehidupan itu berjalan. Tidak hanya itu, dalam cerita ini juga menceritakan bahwa menjadi atlet bukan hanya tentang apa yang ada di atas lapangan, tapi juga di luar lapangan. Bagaimana atlet berinteraksi dengan orang lain, memutuskan jalan karier untuk masa depan, serta hal-hal menarik lain.

Bisa dibilang, Haikyuu adalah salah satu anime dan manga dengan banyaknya pengembangan karakter yang diperhatikan dengan seksama oleh sang penulis.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

4,397 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: