RT - readtimes.id

Tarung Sarung 2020, Lebih Dekat dengan Budaya Bugis

Readtimes.id– “Sigajang laleng lipa” atau tarung sarung adalah tradisi penyelesaian masalah terakhir dalam budaya Bugis. Jika musyawarah mufakat tak menghasilkan apa-apa, maka jalan terakhir adalah sigajang laleng lipa.

Tradisi yang kini memudar diangkat kembali melalui film bertajuk Tarung Sarung oleh sutradara Archie Hekagery. Tarung Sarung dikemas dalam problematika anak muda kini. Demikian Deni Ruso yang diperankan oleh Panji Zoni menjadi kekhawatiran oleh sang ibu (Imelda Therinne). Kekacauan yang ditimbulkan Deni membuat sang Ibu memutuskan mengirim Deni ke Makassar, kampung halamannya. Tujuannya, untuk Deni bisa belajar dan mengubah pribadinya.

Setibanya di Makassar, Deni langsung disuguhkan fakta-fakta unik tentang kebiasaan orang Makassar. Dari sini penonton seolah diajak belajar budaya virtual tentang Bugis Makassar. Mulai dari bahasa keseharian seperti sapaan “kita” yang berkonotasi sopan kepada orang lain, atau tentang tradisi pindah rumah dengan mengangkat bersama-sama (gotong royong) dan masih banyak lagi.

Lalu tur budaya gratis itu sampai pada tarung sarung, oleh film diceritakan sebagai cabang olahraga yang diperlombakan. Sosok Sandrego (Cemal Faruk) adalah karakter yang ditonjolkan sebab telah memenangkan kejuaraan tarung sarung sebanyak tiga kali berturut-turut.

Sosok Deni dan Sanrego dipertemukan kemudian menimbulkan keributan dan melahirkan ketegangan di antara keduanya. Karakter Deni yang cukup mudah terpancing sebanding dengan Sanrego yang hampir sama memiliki temperamen buruk.

Cerita kemudian bergulir pada ketegangan Deni dan Sanrego yang pada dasarnya dibingkai dalam budaya “siri”. Dan sangat jelas bahwa Sandrego begitu terhina akan kehadiran sosok Deni.

“Orang Bugis sangat menjunjung tinggi rasa malu atau siri’. Jika mereka dipermalukan maka solusinya adalah Sigajang Laleng Lipa,” ujar Kanang salah satu karakter dalam film ini.

Pada akhirnya mereka akan bertemu dalam satu turnamen. Jika ingin dibandingkan, Sanrego sudah pasti akan menang sebab pengalaman yang dimiliki. Sementara Deni hanya punya waktu satu bulan untuk belajar teknik dalam memainkan Tarung Sarung. Siapakah yang menang? Temukan jawabannya di Netflix, selamat menyaksikan.

Editor: Ramndha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

36 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: