RT - readtimes.id

University War: Ketika Cerdas Cermat Jadi Tontonan Menghibur

Readtimes.id– Kompetisi menjadi ajang untuk memamerkan kemampuan, namun sebuah kompetisi tidak jarang jadi membosankan ketika pengemasannya kurang, apalagi untuk ajang adu kecerdasan seperti olimpiade matematika. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk ‘University War’.

“University War” merupakan reality show terbaru Korea Selatan, yang menjadi sorotan sejak ditayangkan perdana di platform streaming Coupang Play pada November 2023. Acara ini menghadirkan kompetisi cerdas cermat antara mahasiswa terbaik dari universitas-universitas bergengsi di Korea Selatan.

Peserta-peserta ini diuji melalui serangkaian tantangan mental dan akademik yang mengesankan. Para mahasiswa terbaik dari universitas ternama di Korea Selatan, seperti Seoul National University (SNU), KAIST, Yonsei University, Korea University, dan POSTECH, bersaing meraih gelar juara. Masing-masing universitas mengirimkan tim yang terdiri dari empat mahasiswa untuk menghadapi tantangan-tantangan tak terduga.

Dalam musim pertamanya, “University War” menampilkan peserta-peserta yang cerdas dan inspiratif. Tim SNU keluar sebagai pemenang, menunjukkan kerja tim yang luar biasa dan kecakapan mental sepanjang pertunjukan. Selain itu, ada juga peserta dari Harvard University yang diwakili oleh mahasiswa Korea yang belajar di sana.

Alih-alih menjadi ajang adu kepintaran yang membosankan, ‘University War’ malah mampu menjadi sebuah tontonan alternatif yang tak hanya menambah pengetahuan penonton, tetapi juga menjadi ajang hiburan. Di sisi lain, latar belakang Korea Selatan sebagai negara yang memiliki daya tarik di sejumlah kalangan juga menjadi alasan terkenalnya acara ini, khususnya melalui sosial media.

“Awalnya (nonton) karena viral sekali. jadi saya penasaran mau nonton, apalagi saya suka nonton (hal berbau) Korea. Kayak ‘wah’ (melihat) orang pintar berkumpul, terus berlomba-lomba,” ujar Rosma (22), mahasiswa sekaligus salah satu penonton University War.

Selain menghibur, “University War” juga memberikan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat tentang bagaimana menghadapi sebuah masalah dengan memberikan Solusi yang kreatif. Apalagi, acara ini dikemas dengan berbagai games yang menantang dan menyenangkan untuk disaksikan.

“Biasanya kan yang dilihat tingkat SMP atau SMA dan ternyata pas saya nonton, kok seru, ya,” tambah Rosma.

Acara ini tidak hanya tentang persaingan, tetapi juga tentang motivasi belajar dan semangat untuk mencapai cita-cita. Para penonton diajak untuk melihat bagaimana para mahasiswa terbaik di Korea Selatan berjuang dan bersaing menjadi yang terbaik. (NK)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

11 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: